Pemberdayaan atau Pembebanan? Dampak Kredit Mikro untuk Wanita dalam Rangka Pencanangan Tahun Keuangan Mikro Indonesia 2005

Sulikah Asmorowati, - and Bintoro Wardiyanto, - (2006) Pemberdayaan atau Pembebanan? Dampak Kredit Mikro untuk Wanita dalam Rangka Pencanangan Tahun Keuangan Mikro Indonesia 2005. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.26-08 Asm p.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kredit mikro yang mentargetkan perempuan bagi para perempuan penerimanya. Fokusnya adalah apakah kredit mikro bagi para perempuan ini rnengarah pada pemberdayaan atau sebaliknya justru mengarah pada pembebanan terhadap kaum perempuan yang menjadi kelompok sasarannya. sehingga semakin memperkuat tripple burden of women. yaitu dimana perempuan harus melakukan fungsi reproduksi. produksi dan fungsi sosial di masyarakat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencanangan program aksi penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan usaha mikro. kecil dan menengah (UMKM) sekaligus pencanangan tahun 2005 sebagai tahun keuangan mikro Indonesia. Pencanangan ini mcnunjukkan keberpihakan pemerintah atas peran UMKM. yang jumlahnya telah mencapai 42 juta atau 99.85% dari total usaha yang ada di Indonesia. Sebagai suatu program yang memberikan akses kredit yang Iebih luas kcpada kaum miskin. kredit mikro telah dianggap sebagai suatu program kunci bagi upaya pemberantasan kemiskinan. mengingat selama ini masyarakat miskin mendapat banyak halangan untuk mengakses sistem atau lembaga perbankan lainnya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.26-08 Asm p
Uncontrolled Keywords: Empowerment, Impediment, Macro-Credit, Micro Financial
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Sulikah Asmorowati, --
Bintoro Wardiyanto, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:32
Last Modified: 18 Apr 2022 02:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item