Perbedaan Tingkat Penyesuaian Perkawinan Ditinjau dari Status Ekonomi Sosial Keluarga pada Pasangan Usia Muda

Ilham Nur Alfian, - and Achmad Chusairi, - (2006) Perbedaan Tingkat Penyesuaian Perkawinan Ditinjau dari Status Ekonomi Sosial Keluarga pada Pasangan Usia Muda. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.29-08 Alf p.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai masalah bisa timbul dalam kehidupan perkawinan. terutama tahun-tahun awal yang dapat mengancam kehidupan perkawinan dan berakibat pada keretakan atau perceraian (Achir. 1991). Banyaknya masalah yang muncul setelah pasangan suami-istri berada dalam satu kesatuan perkawinan menyebabkan kemungkinan munculnya konflik-konflik diantara mereka. Seperti yang dikatakan oleh Mappiare (1983), apabila sering terjadi konflik dalam kehidupan perkawinan. maka sangat mungkin individu akan merasa tidak pasti. kebingungan, cemas. dan merasa tidak berguna. Terdapat berbagai sumber yang menyebabkan munculnya ketegangan-ketegangan dalam kehidupan perkawinan, salah satu diantaranya adalah besarnya penghasilan. Banyak riset perkawinan yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat positif antara status sosioekonomi dengan lamanya usia perkawinan dan kepuasan yang dilaporkan oleh kedua pasangan (Newman & Newman. 1984). Riset yang dilakukan oleh Reiss (dalam Newman & Newman, 1984) menunjukkan ,tingginya angka perceraian pada pasangan dengan tingkat pendidikan dan penghasilan yang rendah.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.29-08 Alf p
Uncontrolled Keywords: Perkawinan, Status Ekonomi Sosial, Pasangan Usia Muda
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1001-1006 The state and marriage
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Ilham Nur Alfian, --
Achmad Chusairi, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:11
Last Modified: 18 Apr 2022 03:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115446
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item