Membangun Kerja Layak Pekerja Rumah Tangga (PRT) sebagai Upaya Perlindungan pada Kelompok Marginal

Tri Joko Sri Haryono, - and Pinky Saptandari Endang P., - and Siti Mas'udah, - (2018) Membangun Kerja Layak Pekerja Rumah Tangga (PRT) sebagai Upaya Perlindungan pada Kelompok Marginal. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.61-19 Har m.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Di Indonesia terdapat 2,6 juta orang yang menjadi pekerja rumah tangga (PRT), dari jumlah tersebut 90%-nya adalah PRT perempuan. Pekerjaan sebagai PRT adalah sumber penghasilan bagi perempuan, terutama perempuan pedesaan yang seringkali memiliki tingkat pendidikan dan keterampilan rendah, berasal dari daerah pedesaan miskin serta kesempatan kerja terbatas. Kehadiran PRT ini merupakan gejala umum untuk meingkatkan ekonomi bagi PRT, sehingga mereka datang ke ko ta-ko ta besar seperti Surabaya dan Malang Raya. Mengingat kedua wilayah ini, juga berkembang pesat perumahan- perumahan baru. Permasalahan yang sering muncul adalah tidak adanya PRT dalam memperoleh hak-hak dasar PRT seperti usia minimum bekerja, kondisi tempat kerja, batas waktu kerja, perlindungan dari kekerasan, waktu istirahat, waktu cuti, menu makanan, akses kesehatan, upah minimum, tidak memiliki organisasi dan kebijakan yang melindungi PRT. Salah satu solusi terkait dengan permasalahan PRT tersebut, perlunya membangun kerja layak bagi PRT di Surabaya dan Malang Raya, mengingat dikedua lokasi tersebut sudah mulai merancang perlindungan PRT dan bentuk organisasinya. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi berbagai pihak termasuk pemerintah, dengan menciptakan kerja layak bagi PRT berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan hak-hak PRT sebagai manusia, perempuan dan buruh. Dalam rangka mendapatkan data dan informasi yang empirik, maka penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada beberapa tahapan yang digunakan adalah (1) penentuan Lokasi Penelitian : ditentukan secara purposive adalah Surabaya dan Malang Raya. Pertimbangan yang diambil dalam menetapkan Surabaya dan Malang Raya adalah a. warga Surabaya dan Malang Raya (kota Malang, kabupaten Malang dan kota Batu) sangat ketergantungan dengan PRT, b. banyak penduduk lain dari Surabaya dan Malang Raya, yang mengais rejeki ke Surabaya dan Malang Raya sebagai PRT, c. lokasi ini sangat pesat berkembang perumahan-perumahan baru, d.di kedua lokasi tersebut, sudah mulai merancang perlindungan PRT dan bentuk organisasinya. (2) Pengumpulan Data : (a) yang meliputi observation ; dan (b) indepth interview. (3) Informan : adalah individu-individu yang memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang permasalahan yang diteliti, teknik (4) adalah Analisa Data : Data yang terkumpul kemudian diklasifikasikan dan diindentifikasikan berdasarkan tema kemudian dianalisa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bahwa akan menemukan formulasi seperti apa membangun Kerja Layak PRT (terutama di Jawa Timur) sehingga akan menentukan kebijakan model apa yang paling tepat untuk dalam rangka perlindungan pada kelompok marginal.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.61-19 Har m
Uncontrolled Keywords: Pekerja Rumah Tangga, Kelompok Marginal
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4023-4470.7 Poor in cities. Slums
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Tri Joko Sri Haryono, --
Pinky Saptandari Endang P., --
Siti Mas'udah, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Apr 2022 05:37
Last Modified: 18 Apr 2022 05:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item