Kualitas Pendidikan dalam Persepsi Dosen dan Mahasiswa

Fajrianthi, - and Budi Setiawan Muhammad, - and Berlian Gressy Septarini, - (2004) Kualitas Pendidikan dalam Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.62-06 Fat k.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Harian Kompas (24 September 2004) menyatakan, pendidikan tinggi di Indonesia memang "jago kandang". Posisinya diantara berbagai pendidikan tinggi di dunia bahkan Asia, sungguh mengenaskan. Masih menurut Kompas (24 September 2004), pendidikan Indonesia bergerak tanpa arah yang jelas. Dari hari ke hari manusia yang terlibat dalam pendidikan bukannya tumbuh kian cerdas tetapi mutunya semakin menurun, meski input fasilitas fisik semakin bertambah. Hutton (dalam World Bank, 2002) menyatakan bahwa persepsi universitas sebagai garda pembentuk modal intelektual dan moral masyarakat mengalami kolaps pada tahun 1970-an dan pada tahun 1990-an digantikan oleh persepsi bahwa sekarang mereka menyerupai pabrik yang memproduksi gelar. Realitas ini tentu bertentangan dengan Kerangka Pengembangan Pendidikan Tinggi Jangka Panjang III (KPPTJP III 1996-2005) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan yang menyatakan bahwa penataan sistem pendidikan tinggi sebagai bagian dari sistem pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia meletakkan kualitas sebagai konsep sentral (Dirjen Dikti, 1995). Adanya kesenjangan antara kondisi kualitas pendidikan tinggi kita saat ini dengan program peningkatan kualitas yang telah dicanangkan oleh Dirjen Dikti, menimbulkan pertanyaan dimanakah letak permasalahan yang sebenarnya?. Mengapa kondisi kualitas pendidikan tinggi Indonesia dinilai rendah sementara Dirjen Dikti telah berupaya membuat program peningkatan kualitas?

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.62-06 Fat k
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pendidikan, Persepsi, Dosen, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
Fajrianthi, --
Budi Setiawan Muhammad, --
Berlian Gressy Septarini, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:38
Last Modified: 19 Apr 2022 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115541
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item