Perencanaan Strategi Jangka Panjang Universitas Airlangga

Tri Siwi Agustina, - and Febriana Wurjaningrum, - (2004) Perencanaan Strategi Jangka Panjang Universitas Airlangga. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.67-06 Agu p-2.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengamati dan menganalisa kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan tantangan dan lingkungan baik intemal maupun ekstemal yang dihadapi Universitas Airlangga selama ini dan menjelang pemberlakuan status BHMN, serta merancang formulasi perencanaan strategis dengan mempertimbangkan hasil analisa melalui penggunaan model manajemen strategis Wheelen — Hunger. Penelitian ini menggunakan data primer yang langsung dikumpulkan dari responden, yaitu para pengambil kebijakan dalam lingkungan Universitas Airlangga Alasan pemilihan responden tersebut adalah responden-responden tersebut dianggap merupakan 'Key Persons' yang memberikan masukan bagi penetapan rencana strategis yang akan dijalankan oleh perguruan tinggi ini dalam menuju kemandirian. Para responden memiliki tanggung jawab dalam selalu memantau setiap perubahan-perubahan baik yang terjadi di dalam organisasi maupun di luar organisasi. Rencana strategis yang, dilakukan oleh organisasi yang beroperasi dalam satu industri (bisnis tunggal), seperti Universitas Airlangga ini akan sangat berbeda dengan organisasi yang memiliki banyak unit bisnis. Organisasi seperti ini dapat mengkonsolidasi faktor-faktor eksternal strategis (peluang dan ancaman) pada kategori daya tarik industri dan faktor-faktor internal strategis (kekuatan dan kelemahan) pada kategori posisi kompetitif. Pihak pengambil keputusan organisasi yang beroperasi pada satu industri dapat mempertimbangkan ketepatan beberapa strategi alternatif dengan mengkombinasikan daya tarik industri dan posisi kompetitif organisasi ke dalam matriks 9 sel (9 Cells Matrix/ GE Matrix). Apabila memperhatikan kedua hasil ringkasan faktor strategis yang telah dihitung maka dapat diketahui bahwa total skor untuk IFAS (merupakan kategori posisi kompetitif) adalah 3,7995 dan total skor untuk EFAS (merupakan kategori daya tarik industri) adalah 3,6572. Sehingga, posisi strategis Universitas Airlangga berada pada sel 4 pada .matriks 9 sel tersebut dimana posisi kompetitif Universitas Airlangga tergolong kuat, akan tetapi daya tarik Universitas Airlangga pada industri pendidikan masih pada taraf rata-rata (medium) . Hal ini menunjukkan bahwa strategi generik untuk Universitas Airlangga adalah pada strategi stabilitas dimana strategi stabilitas ini memiliki bentuk strategi utama, yaitu strategi istirahat (Pause Strategy), strategi waspada (Proceed with Caution Strategy), strategi tanpa perubahan (No Change Strategy) dan strategi laba (Profit Strategy). Apabila Universitas Airlangga berada pada sel 4, maka institusi ini dapat memilih bentuk-bentuk strategi utama tersebut untuk memperkuat posisi strategisnya pada industri pendidikan saat ini, terutama menjelang perubahan statusnya menjadi perguruan tinggi BHMN .

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.67-06 Agu p-2
Uncontrolled Keywords: Strategi Jangka Panjang, Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
Tri Siwi Agustina, --
Febriana Wurjaningrum, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:51
Last Modified: 19 Apr 2022 03:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115547
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item