Reformulasi Fungsi Pengawas Koperasi untuk Menciptakan Kemampuan Persaingan Koperasi di Era Globalisasi

Yustrida Bernawati, - and Achmad Sjafii, - and Praptini Yulianti, - (2009) Reformulasi Fungsi Pengawas Koperasi untuk Menciptakan Kemampuan Persaingan Koperasi di Era Globalisasi. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP.22-10 Bar r.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai badan usaha, koperasi dituntut untuk mampu bersaing dengan badan usaha lain pada industri dimana perusahaan koperasi tersebut berada. Konsekuensinya, manakala koperasi tidak memiliki keunggulan kompetitif (keunggulan bersaing) maka perubahan hanya menjadi masalah bagi koperasi. Untuk itu, manajemen atau pengurus koperasi memerlukan masukan. Masukan tersebut seyogyanya diberikan oleh pihak yang memiliki kepentingan terhadap koperasi yang meliputi anggota, pembina serta pengawas koperasi. Mengingat pentingnya keberadaan keunggulan bersaing (competitive advantages) dalam suatu organisasi atau badan usaha agar dapat bersaing di era global, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai peran pengawas koperasi sebagai salah satu elemen penting bagi badan usaha koperasi dalam menciptakan kemampuan bersaing koperasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif melalui metode Exploratoty Research. Penelitian dengan pendekatan kualitatif¬-expIoratory banyak dilakukan untuk menginformasikan sebuah inovasi. Penelitian dilakukan antara bulan April hingga Nopember 2009 dengan subyek penelitian yaitu fungsi pengawas pada koperasi di Jawa Timur. sedangkan obyek penelitian adalah forrnulasi fungsi pengawas yang sesuai dengan kebutuhan koperasi agar dapat bersaing di era global. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tugas, kewajiban dan wewenang koperasi antara AD/ART denean Ut1 dan peraturan yang ada tidak banyak berbeda, sampai dengan saat ini output yang dihasilkan oleh pengawas beragam isi dan bentuknya, saat ini kompetensi yang dimiliki oleh pengawas masih kurang memadai serta belum memiliki alat bantu dalam melaksanakan tugas pengawasan: Dari hasil tersebut, maka penelitian ini merumuskan kembali bagaimana tugas, kewajiban dan wewenang pengawas koperasi, bagaimana sebaiknya output dari hasil pengawasan yang dilakukan pengawas, kompetensi dasar apa saja yang harus dimiliki oleh pengawas serta alat bantu apa yang dapat membantu pengawas dalam melaksanakan tugas pengawasan.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP.22-10 Bar r
Uncontrolled Keywords: Keunggulan Bersaing, Pengawas Koperasi
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Yustrida Bernawati, --
Achmad Sjafii, --
Praptini Yulianti, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:51
Last Modified: 20 Apr 2022 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115654
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item