Model Kebijakan Pendidikan Nir-Kekerasan Di Kota Makassar

Ucu Martanto, - and Sukri, - (2011) Model Kebijakan Pendidikan Nir-Kekerasan Di Kota Makassar. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB LP 13 12 Mar m.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kekerasan mahasiswa merupakan salah satu potret buram pendidikan di Indonesia. Fenomena kekerasan mahasiswa merebak di berbagai daerah dengan kualitas dan frekuensi yang sangat beragam. Sebagai kota terbesar dan strategis, Makassar menjadi pusat kegiatan pendidikan paling utama di Indonesia bagian timur. Pemberitaan media massa seputar kekerasan mahasiswa yang melibatkan pelbagai perguruan tinggi di kota ini menyebabkan Makassar termasuk yang paling menonjol di Indonesia. Tentunya, kondisi ini sudah sangat mengkhawatirkan sehingga tidal dapat dibiarkan terns berlanjut. Upaya untuk menghentikan kekerasan mahasiswa di Kota MakassaI telah dilakukan oleh institusi-institusi perguruan tinggi dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Namun demikian, kebijakan-kebijakan yang ada temyata belum mampu secara maksimal menghentikan lingkaran kekerasan mahasiswa. Kegagalan ini setidaknya tersirat dari masing tingginya frekuensi kejadian kekerasan di Kota Makassar. Penelitian ini mencoba untuk menawarkan kebijakan alternatif dengan terlebih dahulu memahami dan menganalisa kekerasan mahasiswa di Kota Makassar. Dalam kajian ini kekerasan mahasiswa dimaknai dalam dua perspektif yaitu; a) analisa sosial-budaya dan ekonomi politik. yang terangkum dalam perspektif akar penyebab kekerasan dan b) analisa pola dan metode kekerasan yang terkerangkai dalam perspektif kekerasan sebagai strategi. Berangkat dari dua perspektif ini, kami merumuskan model dan solusi kebijakan pendidikan nir kekerasan di Kota Makassar. Tiga isu kebijakan yang menjadi celah untuk memperkenalkan kebijakan pendidikan nirkekerasan adalah modifikasi kurikulum, modifikasi organisasi kemahasiswaan, dan kebijakan ekternalitas penyelenggaraan perguruan tinggi. Poin penting dalam modifikasi kurikulum adalah memasukan nilai-nilai inklusifitas dan perdamaian dalam konten mata kuliah dan perkuliahan. Modifikasi organisasi kemahasiswaan memasukan agenda memperkuat dan memperluas aktifitas organisasi formal kemahasiswaan. Kebijakan barn ektemalitas perguruan tinggi meliputi tallggung jawab sosial perguruan tinggi dan kerjasama perguruan tinggi dengan instituti pemerintah daerah.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 13/12 Mar m
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pendidikan ; Makassar
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Ucu Martanto, -UNSPECIFIED
Sukri, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 21 Apr 2022 22:40
Last Modified: 21 Apr 2022 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115752
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item