Kontrol Kualitas Kapsul Temulawak Berdasarkan Parameter Kadar Minyak Atsiri Dan Kurkuminoid Total Dengan Variasi Waktu Penyimpanan

Idha Kusumawati, - and Achmad Fuad Hafid, - (2000) Kontrol Kualitas Kapsul Temulawak Berdasarkan Parameter Kadar Minyak Atsiri Dan Kurkuminoid Total Dengan Variasi Waktu Penyimpanan. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB 615 324 39 Kus k.pdf

Download (698kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini dilakukan standarisasi pada produk kapsul Temulawak yang bahan bakunya adalah ekstrak etanol dari rimpang Temulawak. Kapsul Temulawak ini mengandung, tidak hanya kurkuminoid saja tetapi juga minyak atsiri yang memerlukan teknologi fitofarmasi yang khusus agar tetap te~amin keajegan kandungannya, baik dalam proses pembuatan maupun selama penyimpanan. Untuk itu dalam penelitian ini dilakukan standarisasi atau kontrol kualitas kapsul Temulawak tersebut dari proses pembuatan sampai penyimpanannya selama 6 bulan, dengan menggunakan parameter kandungan minyak atsiri dan kandungan kurkuminoid total. Kandungan minyak atsiri ditetapkan dengan menggunakan metode dan alat Stahl, sedangkan kadar kurkuminoid total ditetapkan dengan metode KL T -densitometri. Dari hasH penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa formulasi atau perbuatan yang telah dilakukan dapat menjamin stabilitas arau kualitas kapsul temulawak yang dihasilkan setelah disimpan selama 6 bulan, dilihat dari parameter kadar bahan aktifnya yaitu kadar kim yak atsiri dan kadar kurkuminoid total dalam kapsul Untuk dapat menghasilkan kapsul temulawak yang memenuhi syarat syarat obat fitoterapi, penelitian ini perlu dilanjutkan untuk mengetahui stabilitasnya sampai penyimpanan minimal 3 tabun. Dan juga dilanjutkan lagi untuk pene! itian pada segl yang lain yaitu mengenaJ data-data farm aka ki 11 etika n Y a.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB 615 324 39 Kus k
Uncontrolled Keywords: Kapsul, Temulawak, Minyak Atsiri, Kurkuminoid Total, Waktu Penyimpanan
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Idha Kusumawati, -NIDN0004087003
Achmad Fuad Hafid, -NIDN0012125207
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 27 Apr 2022 06:08
Last Modified: 27 Apr 2022 06:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item