Produksi Enzim Fitase Lokal untuk Mendegradasi Dedak Padi dan Suplementasi Minyak Ikan Lemuru, Kunyit untuk Meningkatkan Performan Ayam Pedaging dan Petelur

Mirni Lamid, - and M. Anam Al-Arif, - Produksi Enzim Fitase Lokal untuk Mendegradasi Dedak Padi dan Suplementasi Minyak Ikan Lemuru, Kunyit untuk Meningkatkan Performan Ayam Pedaging dan Petelur. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya.

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKC KK LP 07-19 Lam p.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Petemakan unggas di Indonesia semakin berkembang seiring dengan peningkatan permintaan daging unggas (ayam, itik, puyuh) dan telur. Menurut data BPS Jawa Timur tahun 2013 populasi ayam pedaging; petelur dan produksi telur adalah, 52.288.598 ekor; 43.066.361 ekor dan 293.532.248 telur. Beberapa bahan yang dipakai dalam ransum pellet ayam pedaging dan petelur terdapat juga bahan dari biji-bijian antara lain, bungkil kacang kedelai, pecahan gandum, dedak padi, jagung dimana banyak mengandung senyawa fitat. Senyawa ini mampu mengikat logam-Iogam seperti P, Mg, Mn, Fe, Zn, Ca, dan protein yang sangat berguna bagi pertumbuhan ayam pedaging dan petelur, namun senyawa fitat ini sulit dipecah karena kuatnya sifat chelating, (Sajidan, 2006). Hal yang perlu diperhatikan dari bahan pakan tanaman sereal, biji-bijian, dan legume ini adalah kandungan asam fitat (mio-inositolheksakifosfat). Apabila senyawa fitat tidak terpecahkan, maka logam-logam dan protein pencemaan yang penting ikut terbuang sia-sia bersama feses. Mengingat begitu pentingnya logam-Iogam dan protein yang diikat senyawa fitat bagi pertumbuhan ayam pedaging dan petelur maka diperlukan altematif optimalisasi efisiensi pakan dengan pemecahan senyawa fitat. Ketidaktersediaan enzim fitase dalam saluran pencemaan hewan non ruminansia seperti unggas membuat senyawa fitat tidak tercema baik sehingga akan terbuang sia-sia bersama feses ke lingkungan bersama logam-Iogam dan protein percemaan yang penting untuk pertumbuhan unggas (Shin et al., 2001). Dengan penambahan bakteri penghasil enzim fitase dalam pakan, tentunya akan membantu proses pencemaan ayam pedaging dan petelur.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKC KK LP 07-19 Lam p
Uncontrolled Keywords: Ayam Pedaging, Minyak Ikan, Dedak Padi, Enzim Fitase
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > S2 Agribisnis Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Mirni Lamid, --
M. Anam Al-Arif, --
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:43
Last Modified: 27 Jun 2022 08:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116862
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item