RIZKY ARNOLDI BRILIANTA, 049912674 E (2005) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG HOTEL SAHID SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-briliantar-6201-b31005-k.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-briliantar-6201-b31005.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa Relationship Marketing adalah suatu strategi untuk membangun hubungan jangka panjang antara pelanggan dengan perusahaan secara terus-menerus. Sehingga tercipta hubungan yang lebih dari hubungan antara penjual dan pembeli yang hanya berorientasi pada proses transaksi, namun disini penjual dan pembeli adalah partner yang saling menguntungkan sehingga orientasinya adalah menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, karena pelanggan adalah aset yang sangat berharga, dan jika pelanggan tersebut dilayani dengan baik maka akan memberikan suatu keuntungan bagi perusahaan. Pendekatan Relationship marketing menurut Barry dan Parasuraman (1991: 136 ) dengan menerapkan tiga level dari Relationship Marketing dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.. Yaitu dengan ikatan keuangan (financial bond), ikatan sosial (social bond), dan ikatan struktural (structural bond). Loyalitas menurut Griffin (1995:31) adalah pelanggan yang melakukan pembelian secara berulang-ulang pada perusahaan yang sama, memberitahukan kepada orang lain kepuasan-kepuasan yang didapat dari perusahaan, dan menunjukkan kekebalan terhadap tawaran dari perusahaan pesaing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing terhadap loyalitas pengunjung Hotel Sahid Surabaya Baik Secara Simultan Maupun Parsial. Seratus orang responden digunakan dalam penelitian ini, yaitu orang yang menginap di Hotel Sahid Surabaya yang minimal telah menginap 2 kali dalam 1 tahun terakhir. Untuk analisa data digunakan analisa regresi berganda dengan menggunakan bantuan spss 10 for windows. Dari hasil analisa yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu : Y = 1,3 + 0,571 XI + 0,279 X2 + 0,340 X3 Persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel bebas, yaitu : ikatan keuangan (financial bond), ikatan sosial (social bond), dan ikatan struktural (structural bond) terhadap variabel tergantung yaitu loyalitas pengunjung Hotel Sahid Surabaya. Nilai koefisien R sebesar 0,713 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara variabel tergantung dengan variabel bebas, dan besarnya hubungan dapat dilihat dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,493. Untuk pengujian hipotesis dapat dilihat melalui masing¬-masing thitung sebesar 4,074, 2,720, 2,360 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Hal ini berarti masing-masing variabel bebas secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung Hotel Sahid Surabaya. Fhitung sebesar 33,061 lebih besar dari Ftabel sebasar 2,70 hal ini berarti variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pengunjung Hotel Sahid Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 310/05 Bri p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | MANAGEMENT AUDIT; MARKETING - MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Anisa Septiyo Ningtias | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Jul 2016 08:12 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1194 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |