Implementasi Kebijakan Pengembangan Kualifikasi Akademik Guru Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 16 Tahun 2007 di SMK Negeri 1 Mojoagung Kabupaten Jombang

Khoirul Anwar, - (2015) Implementasi Kebijakan Pengembangan Kualifikasi Akademik Guru Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 16 Tahun 2007 di SMK Negeri 1 Mojoagung Kabupaten Jombang. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (TESIS)
KKB KK TKP.07_15 And i.pdf

Download (21MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) mengamanatkan bahwa pada akhir tabun 2015 seluruh guru harus sudah berkualifikasi pendidikan minimal S1 dan setinggi-tingginya S2 sesuai dengan bidang keahlihan dan kompetensinya dalam mengajar, sedangkan kepala sekolah minimal harus S2 sebagaimana dikemukakan dalam UU No 14 Tahun 2005, BAB I, pasal 1, ayat 10 . Target tersebut akan sangat sullt dicapai mengingat tenggang waktu yang tersisa hanya tinggal beberapa bulan. Tujuan dikeluarkannya Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru serta Undang - Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, merupakan upaya pemerintab untuk meningkatkan profesionalisme guru. Dengan asumsi bahwa guru sebagai tenaga profesional hams memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi yang baik, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan kualitas mutu pendidikan di Indonesia Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik penetapan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling dan key informan. Dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan pengembangan kualifikasi akademik guru di SMK Negeri 1 Mojoagung di lihat dari faktor bagaimanakah implementasi kebijakan pengembangan kualifikasi akademik guru untuk meningkatkan kompetensi para tenaga pendidik yang ada di SMK Negeri 1 Mojoagung sesuai dengan Permendiknas No.16 tahun 2007 tentang standar kualifIkasi akademik dan kompetensi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan sudah adanya upaya SMK. Negeri 1 Mojoagung untuk meningkakan kompetensi tenaga pendidiknya agar kinerja dan kualitas SDMnya semakin baik dengan menerapkan permendiknas No. 16 tabun 2007 .Walaupun kenyataanya di lapangan semuanya belum bisa berjalan secara maksimal sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah. Hal itu dibuktikan dari basil penelitian di 8MKN 1 Mojoagung masih ada guru yang mengajar tidak sesuai dengan bidang studinya. kenyataanya itu dibuktikan dengan data basil penelitian bahwa kualifikasi S1 hanya terpenuhi 72.73 %. 8edangkan S2 hanya terpenuhi 2.27% dari keseluruhan pendidik yang berjumlah 88 orang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKP 07/15 Anw i
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Kualifikasi Akademik, SDM
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB3000-3034 Police and public safety
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik
Creators:
CreatorsNIM
Khoirul Anwar, -NIM071314353004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJusuf Irianto, -NIDN0006056506
Thesis advisorR. Wahyuni Triana, -NIDN0012066003
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 12 Jan 2023 07:01
Last Modified: 12 Jan 2023 07:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/119528
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item