PENGEMBANGAN MODEL INTENSI UNTUK TINGGAL PADA TENAGA KEPERAWATAN HONORER DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA (Development of Intention to Stay Model for Temporary Nursing Staff in RS UNAIR)

Ike Nesdia Rahmawati, - and Nursalam, - and Ninuk Dian Kurniawati, - and - (2014) PENGEMBANGAN MODEL INTENSI UNTUK TINGGAL PADA TENAGA KEPERAWATAN HONORER DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS AIRLANGGA (Development of Intention to Stay Model for Temporary Nursing Staff in RS UNAIR). Jurnal Ners, 9 (2). pp. 313-320. ISSN Online ISSN : 2502-5791 Print ISSN : 1858-3598

[img] Text (Artikel)
Artikel.pdf

Download (1MB)
[img] Text (KARIL)
KARIL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Turnitin)
Turnitin.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/2...

Abstract

Pendahuluan: Intensi untuk tinggal perawat merupakan hal yang penting untuk mengurangi tingkatturnover dan meningkatkan stabilitas rumah sakit. Kualitas kehidupan kerja perawat (QNWL) telah diketahui memiliki pengaruh terhadap intensi untuk tinggal, namun informasi yang ada masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model intensi untuk tinggal pada tenaga keperawatan honorer di Rumah Sakit Universitas Airlangga. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey eksplanatif dengan pendekatan cross-sectional. Data diperoleh melalui kuesioner yang diberikan kepada 32 perawat yang bekerja di unit yang berbeda di rumah sakit ini dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan partial least square (PLS). Hasil: QNWL mempengaruhi kepuasan kerja tetapi tidak mempengaruhi komitmen. Komitmen secara signifikan dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Tidak ada pengaruh kepuasan kerja terhadap intensi untuk tinggal. Komitmen secara signifikan mempengaruhi intensi untuk tinggal. Pembahasan: QNWL secara tidak langsung mempengaruhi intensi untuk tinggal melalui kepuasan kerja dan komitmen. Rekomendasi untuk meningkatkan intensi untuk tinggal adalah dengan mengembangkan kualitas kehidupan kerja, kepuasan kerja, dan komitmen perawat. Rumah sakit perlu merekrut tenaga non-keperawatan untuk melaksanakan billing dan tugas administratif. Saran untuk penelitian lebih lanjut adalah menganalisis pengaruhempowerment, remunerasi, dan jenjang karir terhadap intensi untuk tinggal perawat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: intensi untuk tinggal, kualitas kehidupan kerja perawat, kepuasan kerja, komitmen
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Ike Nesdia Rahmawati, --
Nursalam, -NIDN0025126601
Ninuk Dian Kurniawati, --
--
Depositing User: Eko Kuswanto
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:47
Last Modified: 08 Mar 2023 01:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item