Pengaruh Paparan Partikulat Jelaga Terhadap Kadar Malondialdehyde Plasenta Dan Luaran Kebuntingan Pada Tikus (Rattus novergicus )

Lestari Sudaryanti, - (2010) Pengaruh Paparan Partikulat Jelaga Terhadap Kadar Malondialdehyde Plasenta Dan Luaran Kebuntingan Pada Tikus (Rattus novergicus ). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
SUDARYANTI LESTARI 2010.pdf

Download (25MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pencemaran udara memberikan pengaruh buruk terhadap kesehatan manusia,tidak terkecuali terhadap proses kehamilan dan luaran kehamilan tersebut. Efek yang ditimbulkan oleh polutan tergantung dari besarnya pajanan (terkait dosislkadarnya di udara dan lamalwaktu pajanan). Polutan berupa partikulat tersuspensi yang disebut juga Particulate Matter (PM) adalah salah satu komponen penting pad a polusi udara terkait dengan pengaruhnya terhadap kesehatan. Jelaga merupakan salah satu komponen PM yang berpengaruh terhadap kesehatan karena bersifat sitotoksik dan genotoksik yang dapat memproduksi Reactive . Oxygen Species (ROS), dapat mengalami translokasi ke dalam darah dan sistem kardiovaskuler serta dapat melalui plasenta sehingga berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan. ROS yang berada dalam tubuh akan memieu terjadinya suatu reaksi rantai yang disebut peroksidasi lipid dan akan menghasilkan senyawa berbahaya yang salah satu diantaranya adalah malondialdehyde (MDA) yang dapat merusak sel dan juga bersifat mutagenik dan genotoksik

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Tikus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Reproduksi Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Lestari Sudaryanti, -NIM090810399M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAditiawarman, -NIDN8837700016
Thesis advisorDjoko Sungkono, --
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Mar 2023 02:47
Last Modified: 27 Mar 2023 02:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/120906
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item