Pengaruh Perbedaan Suplemen Pada Fermentasi Whey Oleh Acctobacter xylinum Terhadap Ketebalan Dan Sifat Organoleptis Nata De Milko

Khoirul Inayah, - (1998) Pengaruh Perbedaan Suplemen Pada Fermentasi Whey Oleh Acctobacter xylinum Terhadap Ketebalan Dan Sifat Organoleptis Nata De Milko. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
KHOIRUL INAYAH BOJONEGORO.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah whey dapat dimanfaatkan sebagai larutan fermentasi pembentukan nata de milko dan scjauh mana pcngaruh bcbcrapa suplemen yang ditambahkan pada larutan fermentasi terhadap ketebalan dan sifat organoleptis nata de milko. Penelitian ini menggunakan whey yang didapat dari susu yang digumpalkan dan penambahan suplemen larutan kecambah, asam asetat, sukrosa, ZA, NPK, KCl dan TSP. Fermentasi dilakukan dengan menambahkan bakteri Acetobacter xylinum. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 3 perlakuan dan 8 ulangan. Perlakuan A adalah whey dengan suplemen sukrosa dan larutan kecambah. Pcrlakuan B mcrupakan whey dcngan suplemcn sukrosa, ZA, KCI dan TSP. Perlakuan C, whey dcngan suplemen sukrosa, ZA dan NPK. Derajat keasaman diseragamkan pada pH 4. Parameter yang diamati meliputi ketebalan dan uji organoleptis meliputi kekenyalan, warna dan kesukaan. Data uji organoleptis dikonversi menurut Fisher dan Yates selanjutnya diuji dengan sidik ragam 5°/o apabila berbeda nyata (p<0,05) dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan suplemen pada masP1g-masing perlakuan tidak •memberikan perbedaan yang nyata (p<0,05) terhadap kctebalan, kekenyalan, warna dan kesukaan nata de mJ1ko. Kesimpulan dari penelitian ini adalah whey dapat digunakan sebagai larutan fermentasi oleh A. xylinum pada pembuatan nata de mJ1ko. Perbedaan suplemen pada larutan fermentasi tidak berpengaruh terhadap ketebalan, kekenyalan, wama dan kesukaan nata de milko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fermentasi, Acetobacter
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Khoirul Inayah, -NIM069311989
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoetji Prawesthirini, --
Thesis advisorA.T Soelih P, --
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Mar 2023 00:48
Last Modified: 29 Mar 2023 00:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item