Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Dari Daging Kaleng Yang Diafkir

Sri Chusniati (1985) Isolasi Dan Identifikasi Bakteri Dari Daging Kaleng Yang Diafkir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
SRI CHUSNIATI.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 30 contoh da-ging kaleng (corned beef) afkiran terhadap adanya bakteri yang diduga berperan sebagai penyebab kerusakan. Daft 30 contoh tersebut, dapat diisolasi dan diidentifikasi 3 je¬nis bakteri Arai to : Bacillus subtil).,s (73,33 %) Pqpudo¬monas aeruginosa (70 %) dan Froteus mirabilis (30 %). Faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan kaleng antara lain : Aktivitas mikroorganisme, reaksi kimia an¬tara isi dan tempatnya, kesalahan teknis proses pengaleng an, penyimpanan yang kurang balk dan perlakuan yang kasar pada kaleng. Dengan demikian perlu klranya diadakan penyuluhan pada masyarakat tentang bentuk-bentuk daging kaleng yang masih balk untuk dikonsumsi. Kepada semua pihak yang ter¬libat dalam proses pengalengan daging, transportasi, pe¬nyimpanan dan distribusi agar dapat meningkatkan kewas¬padaannya sehir.gga tidak berakibat buruk bagi konsumen daging kaleng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Bakteri, Daging Kaleng, Afkir
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Sri ChusniatiNIM-
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMidian NaibahoNIDN-
Thesis advisorHario PuntodewoNIDN-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 01 Apr 2023 16:09
Last Modified: 01 Apr 2023 16:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item