Hubungan Penerapan Metode Lovaas Dengan Kepatuhan Pada Anak Autis Di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya

Laila Isna Istibsyaroh (2009) Hubungan Penerapan Metode Lovaas Dengan Kepatuhan Pada Anak Autis Di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Laila Isna Istibsyaroh_010510953B.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan metode Lovaas pada anak autis di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya sebagian besar adalah baik, hal ini sesuai dengan standart dan prosedur penerapan metode Lovaas yang dilakukan oleh terapis secara one on one, pemberian instruksi secara singkat, jelas, tegas, tuntas, dan sama, mengajarkan kontak mata dan kesiapan belajar, mengajarkan siklus Discrete Trial Training dimulai dengan imbalan dan diakhiri imbalan. Kepatuhan pada anak autis di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya sebagian besar adalah tinggi ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam merespon perintah dari terapis melalui penilaian aktivitas kemampuan anak. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan seseorang terhadap perintah antara lain: 1) Faktor internal yaitu kondisi fisik, emosi, perkembangan, kesehatan, dan pemahaman terhadap instruksi, 2) Faktor eksternal yaitu : dukungan keluarga, pendidikan, lingkungan, tenaga pengajar atau terapis, serta fasilitas. Penerapan metode Lovaas pada anak autis di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya sebagian besar adalah baik, hal ini sesuai dengan standart dan prosedur penerapan metode Lovaas yang dilakukan oleh terapis secara one on one, pemberian instruksi secara singkat, jelas, tegas, tuntas, dan sama, mengajarkan kontak mata dan kesiapan belajar, mengajarkan siklus Discrete Trial Training dimulai dengan imbalan dan diakhiri imbalan. Kepatuhan pada anak autis di Sekolah Kebutuhan Khusus Bangun Bangsa Surabaya sebagian besar adalah tinggi ditunjukkan dengan kemampuan anak dalam merespon perintah dari terapis melalui penilaian aktivitas kemampuan anak. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan seseorang terhadap perintah antara lain: 1) Faktor internal yaitu kondisi fisik, emosi, perkembangan, kesehatan, dan pemahaman terhadap instruksi, 2) Faktor eksternal yaitu : dukungan keluarga, pendidikan, lingkungan, tenaga pengajar atau terapis, serta fasilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Metode Lovaas, Anak Autis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Laila Isna IstibsyarohNIM010510953 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAhmad YusufNIDN-
Thesis advisorKhoridatul BahiyahNIDN0012027403
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 10 Apr 2023 01:40
Last Modified: 10 Apr 2023 01:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122787
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item