Potensi Infusa Rimpang Temula Wak (Curcuma Xantlwrrhizae Roxb) Dalam Melindungi Hati Dari Zat Hepatotoksik Dltinjalj Dari Kadar Sgot Dan Sgpt Mencit (Mus Musculus) Jantan

Hendra Gunawan, - (2000) Potensi Infusa Rimpang Temula Wak (Curcuma Xantlwrrhizae Roxb) Dalam Melindungi Hati Dari Zat Hepatotoksik Dltinjalj Dari Kadar Sgot Dan Sgpt Mencit (Mus Musculus) Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Hendra Gunawan_069512178_potensi Infusa Rimpang_FKH_2000.pdf

Download (17MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bert~juan untuk mengetahui pengaruh pemberian rimpang temulawak sebagai obat tradisional dalam melindungi hati dari kerusakan akibat penggunaan parasetamol. Sebagai hewan percobaan digunakan 24 ekor mencit jantan berumur tiga bulan dengan berat badan rata-rata 30 g. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi menjadi empat kelompok perlakuan dengan enam ulangan . Perlakuan berupa pemberian infusa temulawak dengan bermacam-macam konsentrasi selama 6 hari berturut-turut, yaitu : 0% (PO), 5% ( P 1 ), 10% (P2) dan 20% (P3). Pada hari ke 4 - 6 semua mencit diberi parasetamol dengan dosis 1,09 g/kg BB/hari. Pengambilan darah dilakukan satu hari setelah pemberian parasetamol yang terakhir (hari ke tujuh). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rimpang temulawak sebagai obat tradisional, temyata mengakibatkan perbedaan kadar SGOT (Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase) dan SGPT (Serum Glutamat Piruvat Transaminase) yang sangat nyata (P < 0,01 ) antara kelompok mencit yang diberi rimpang temulawak (PI , P2 dan P3) dengan kelompok kontrol yang tanpa diberi rimpang temulawak (PO). Dari hasil uji BNT 5% temyata pemberian infusa rimpang temulawak dengan konsentrasi 20% menyebabkan penurunan yang paling tinggi terhadap kadar SGOT dan SGPT yang tidak berbeda nyata dengan infusa 10% .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Infusa, Rimpang Temulawak, (CuDalam Melindungi Hati Dari Zat Hepatotoksik
Subjects: Q Science
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Hendra Gunawan, -NIM069512178
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Santoso, -NIDN
Thesis advisorSri Wahyuni, -NIDN-
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 11 Apr 2023 12:32
Last Modified: 11 Apr 2023 12:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123012
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item