Hubungan Status Ketahanan Pangan Rumah Tangga dengan Anemia pada Ibu Hamil (Studi di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban)

Erike Duwi Nurdini, - and Trias Mahmudiono, - (2022) Hubungan Status Ketahanan Pangan Rumah Tangga dengan Anemia pada Ibu Hamil (Studi di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban). Media Gizi Kesmas, 9 (1). pp. 17-22. ISSN 2745-8598

[img] Text (Artikel)
C61_Artikel.pdf

Download (929kB)
[img] Text (Turnitin)
C61_Turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Validasi)
C61_Validasi.pdf

Download (436kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/MGK

Abstract

Latar Belakang : Peningkatan potensi anemia pada masa kehamilan dapat dilihat dengan adanya peningkatan prevalensi anemia ibu hamil yang tinggi di Indonesia. Pemenuhan kebutuhan zat gizi kehamilan dapat dipengaruhi oleh kemampuan ekonomi yang dapat dilihat dari ketahanan pangan rumah tangga ibu hamil. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status ketahanan pangan rumah tangga dengan anemia pada Ibu Hamil. Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan desain cross sectional dengan besar sampel sebanyak 50 ibu hamil di Desa Bektiharjo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Ketahanan pangan rumah tangga diukur menggunakna instrumen kuesioner US-HFSSM, sedangkan kadar hemoglobin diukur menggunakan alat digital Easy Touch GCHb. Uji statistik menggunakan uji korelasi pearson. Hasil : Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara status ketahanan pangan rumah tangga dengan anemia pada ibu hamil (p=0.019; OR=-0.331). Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status ketahanan pangan rumah tangga dengan anemia pada ibu hamil. Peningkatan konsumsi makanan sumber zat besi non heme dan enhancer zat besi dengan harga terjangkau disarankan untuk ibu hamil terkait dengan kondisi kerawanan pangan rumah tangga.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Erike Duwi Nurdini, -NIM101511233009
Trias Mahmudiono, -NIDN0024038105
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 27 Apr 2023 04:13
Last Modified: 27 Apr 2023 04:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/124942
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item