IMPLEMENTASI PROGRAM JAMPERSAL (Studi Tentang Kinerja Implementasi Program Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Faktor - Faktor Determinan yang Mempengaruhinya di RSUD Dr. Soewandhie Surabaya)

MOKHAMMAD ANNAS ABDUH, 070810153 (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM JAMPERSAL (Studi Tentang Kinerja Implementasi Program Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Faktor - Faktor Determinan yang Mempengaruhinya di RSUD Dr. Soewandhie Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-abduhmokha-34472-7.abstr-i.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FIS. AN. 69-14 Abd i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena keluhan pasien program Jaminan Persalinan (Jampersal) sering kali terdenger dalam kurun waktu mulai diimplementasikannnya Program Jampersal di Indonesia, khususnya di Jawa Timur pada tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kinerja implementasi kebijakan program jaminan persalinan (Jampersal) di RSUD Dr. Soewandhie Surabaya dan juga untuk mengetahui faktor – faktor determinan apa saja yang mempengaruhi keberhasilan atau pun kegagalan implementasi program Jampersal di RSUD Dr. Soewandhie Surabaya. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan milik George C. Edward III. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian explanatory/ confirmatory research (penelitian penjelasan). Pemilihan sampel (responden) dilakukan dengan stratified random sampling. Data primer diperoleh melalui field research dengan menyebar kuesioner pada 177 responden yang terlibat dalam program Jampersal, baik tenaga medis mau pun nonmedis, serta masyarakat sasaran (pasien Jampersal). Analisis data dilakukan dengan analisis statistik inferensial parametrik, yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa keempat hipotesis penelitian diterima. Maka diperoleh jawaban dari rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bahwa kebijakan program Jaminan Persalinan (Jampersal) telah berhasil diimplementasikan di RSUD Dr.Soewandhie Surabaya sehingga memiliki output dan outcome yang baik pula. Sedangkan, faktor – faktor determinan yang mempengaruhi secara signifikan positif terhadap keberhasilan implementasi kebijakan program Jampersal di RSUD Dr.Soewandi Surabaya tersebut adalah sosialisasi yang efektif, kemudahan sistem rujukan, dan sumber daya staf yang kompeten. Diketahui pula bahwa di luar faktor – faktor yang diteliti tedapat faktor keterbatasan sumber daya fasilitas yang diindikasikan memiliki pengaruh juga terhadap kinerja implementasi kebijakan program Jampersal di RSUD Dr.Soewandi Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 69/14 Abd i
Uncontrolled Keywords: PERFORMANCE; ASSURANCE
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
MOKHAMMAD ANNAS ABDUH, 070810153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAntun Mardiyanta, Dr. , Drs, MAUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Dec 2014 12:00
Last Modified: 09 Aug 2016 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12534
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item