Hubungan Social Media Engagement dengan Tingkat Kecanduan Internet pada Pengguna YouTube

Ishlahul Khair, - (2023) Hubungan Social Media Engagement dengan Tingkat Kecanduan Internet pada Pengguna YouTube. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel_Ishlahul Khair_111911133036.pdf

Download (299kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara social media engagement dengan tingkat kecanduan internet pada pengguna YouTube. Alat ukur yang digunakan yaitu Social Media Engagement Scale for Adolescents dan Internet Addiction Test. Kedua alat ukur tersebut telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Kedua alat ukur tersebut juga telah melalui uji validitas dan reliabilitas dan menunjukkan hasil yang baik. Analisis data menggunakan teknik uji korelasi parametrik Pearson Product Moment dengan bantuan software IBM SPSS Statistic 26. Dari hasil survei didapatkan total responden sebanyak 104 orang, dengan jumlah responden laki-laki sebanyak 46 orang dan responden perempuan sebanyak 58 orang. Dari hasil uji korelasi didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan (p=0,000<0,05) antara social media engagement dengan tingkat kecanduan internet pada anak muda pengguna YouTube dengan nilai korelasi sebesar 0,430. Arah hubungan bersifat positif yang berarti semakin tinggi tingkat social media engagement, maka semakin tinggi pula tingkat kecanduan internet.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Social media engagement, Kecanduan internet
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ishlahul Khair, -111911133036
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorListyati Setyo Palupi, -0012048302
Depositing User: Ishlahul Khair
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:03
Last Modified: 07 Jul 2023 00:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/127744
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item