Pengaruh Lokus Kendali terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Generasi Y dengan Pengetahuan Keuangan sebagai Variabel Moderator

Regita Deya Amanda, - (2023) Pengaruh Lokus Kendali terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan pada Generasi Y dengan Pengetahuan Keuangan sebagai Variabel Moderator. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Naskah BRPKM_Regita Deya.pdf

Download (358kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Permasalahan keuangan tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah kecerobohan dalam mengelola keuangan. Kehidupan modernisasi memengaruhi pengelolaan keuangan Generasi Y menjadi tidak teratur. Pembelian baju bermerek di mal besar yang merajalela, nongkrong di kafe, dan liburan secara impulsif disertai kurangnya pengetahuan akan keuangan membuat mereka tidak memiliki kontrol yang baik terhadap penghasilannya sehingga tidak memiliki tabungan, investasi, asuransi, maupun rencana keuangan jangka panjang. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh dari lokus kendali terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada Generasi Y di Indonesia dengan pengetahuan keuangan sebagai variabel moderator. Metode kuantitatif survei secara daring digunakan untuk mengumpulkan sebanyak 122 sampel penelitian berusia 23-43 tahun dari berbagai kota di Indonesia. Alat ukur yang digunakan adalah IPC-Scale, FMBS (Financial Management Behavior Scale), dan Skala Financial Knowledge. Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada lokus kendali terhadap perilaku pengelolaan keuangan Generasi Y di Indonesia serta variabel pengetahuan keuangan tidak dapat memoderasi pengaruh model hubungan tersebut.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: lokus kendali, perilaku pengelolaan keuangan, pengetahuan keuangan, milenial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Industri dan Organisasi
Creators:
CreatorsNIM
Regita Deya Amanda, -111911133102
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRosatyani Puspita Adiati, -0001128504
Depositing User: Regita Deya Amanda
Date Deposited: 06 Nov 2023 00:20
Last Modified: 06 Nov 2023 00:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128604
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item