Perbedaan Gaya Penyelesaian Konflik Antara Suami Dan Istri Pada Pasangan Dual Earner Family

Andina Nurmadiani (2012) Perbedaan Gaya Penyelesaian Konflik Antara Suami Dan Istri Pada Pasangan Dual Earner Family. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
3. Abstrak.pdf

Download (607kB)
[img] Text (FULLTEXT)
andina.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan gaya penyelesaian konflik antara suami dan istri pada pasangan dual earner family. Gaya penyelesaian konflik merupakan sekumpulan pola respon atau sekumpulan tingkah laku yang ditampilkan individu dalam menghadapi konflik. Gaya penyelesaian konflik terdiri dari avoidance style, competition style, compromise style, accomodation style, dan collaboration style, sehingga dalam penelitian ini akan diselidiki sebuah pertanyaan yaitu apakah terdapat perbedaan gaya penyelesaian konflik antara suami dan istri pada pasangan dual earner family. Penelitian ini dilakukan pada pasangan suami istri dimana keduanya samasama bekerja/mencari penghasilan (dual earner family) dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 32 pasangan atau sama dengan 64 orang subyek. Alat pengumpul data berupa kuesioner gaya penyelesaian konflik sebanyak 24 butir yang disusun sendiri oleh penulis. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic deskriptif dan Chi Square dengan bantuan program statistik SPSS versi 16. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai Chi Square sebesar 25,000 dan nilai probabilitas sebesar 0,406. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan gaya penyelesaian konflik antara suami dan istri pada pasangan dual earner family.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gaya penyelesaian konflik, dual earner family
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Andina NurmadianiNIM110710028
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeronika SupraptiUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:59
Last Modified: 03 Jan 2024 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item