Dinamika emosi remaja putri yang menjadi korban bullying pada tahap perkembangan remaja madya (Studi Kasus)

Tifanny Arie Hanani (2024) Dinamika emosi remaja putri yang menjadi korban bullying pada tahap perkembangan remaja madya (Studi Kasus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (858kB)
[img] Text
2. Daftar Isi.pdf

Download (694kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (606kB)
[img] Text
5. bab 2 Perspektif Teoritis.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (835kB)
[img] Text
6. Bab 3 Metode Penelitian.pdf

Download (786kB)
[img] Text
7. bab 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. bab 5 Simpulan dan Saran.pdf

Download (711kB)
[img] Text
9. Daftar pustaka.pdf

Download (791kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dinamika emosi remaja putri yang menjadi korban bullying pada tahap perkembangan remaja madya. Dinamika emosi adalah pergerakan dan interaksi antara komponen-komponen emosi, yaitu reaksi tubuh, kumpulan pikiran dan keyakinan yang menyertai emosi, ekspresi wajah dan reaksi terhadap pengalaman tersebut dimana komponen-komponen emosi akan berubah-ubah sesuai dengan stimulus yang ada. Sedangkan bullying adalah tindakan yang mengandung tiga unsur mendasar, yaitu bersifat menyerang (agresif) dan negatif, dilakukan secara berulang kali dan adanya ketidakseimbangan kekuatan antara pihak yang terlibat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan 2 subjek yang diperoleh dengan metode purposif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adlah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah diverbatim. Perspektif teori yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini adalah Teori Evolusioner dari Robert Plutchik. Dalam teori tersebut, Plutchik (2003) mengemukakan bahwa emosi merupakan sesuatu yang kompleks, yang mempunyai sistem feedback sirkular, bukan merupakan sesuatu yang linear, yang digambarkan dengan alur feedback loops. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bullying yang dialami oleh remaja putri pada tahap perkembangan remaja madya dapat menimbulkan dampak yang negatif. Bullying membuat korban merasakan banyak emosi negatif, seperti marah, sakit hati, kecewa, sedih, tidak nyaman, terkejut, jengkel, takut, malu dan depresi. Bullying juga dapat mempengaruhin kondisi fisik korban. Hal tersebut dapat mendorong korban untuk memunculkan perilaku seperti menarik diri dari lingkungan, menjadi pendiam dan membatasi diri dan enggan untuk pergi ke sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: emotional dynamic, bullying, middle adolescent
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Tifanny Arie HananiNIM110610158
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Kurniati AmbariniUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 03 Jan 2024 21:30
Last Modified: 03 Jan 2024 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item