Hubungan Antara Tingkat Self-Efficacy Dengan Tingkat Kesiapan Belajar Mandiri (Selfdirected Learning Readiness) Untuk Memasuki Jenjang Pendidikan Tinggi Pada Siswa Sma

Annisa Devi Natalia (2012) Hubungan Antara Tingkat Self-Efficacy Dengan Tingkat Kesiapan Belajar Mandiri (Selfdirected Learning Readiness) Untuk Memasuki Jenjang Pendidikan Tinggi Pada Siswa Sma. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (608kB)
[img] Text
skripsi annisa.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat self-efficacy dengan tingkat kesiapan belajar mandiri (self-directed learning readiness) untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi pada siswa SMA. Self-efficacy yang dimaksud adalah suatu keyakinan seseorang akan kemampuannya melakukan suatu perilaku, bahkan ketika dihadapkan pada berbagai situasi penghalang (stressful situation). Kesiapan belajar mandiri adalah tingkatan dimana individu merasa dirinya bisa untuk memiliki sikap dan ketrampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pembelajar yang dapat mengarahkan dirinya sendiri secara efektif (effective self-directed learner). Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII dari SMA Negeri Tempeh, SMA Negeri 2 Lumajang, dan SMA Negeri 1 Lumajang, dengan jumlah sampel sebanyak 222 orang. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuisioner skala self-efficacy yang terdiri dari 33 aitem dan skala kesiapan belajar mandiriyang terdiri dari 30 aitem. Validitas aitem skala self-efficacy dan kesiapan belajar mandiri berasal dari professional judgment. Reliabilitas skala selfefficacy sebesar 0, 906. Reliabilitas skala kesiapan belajar mandiri sebesar 0,898. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan dengan teknik statistik korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 16.0 for windows diperoleh nilai korelasi antara tingkat self-efficacy dengan tingkat kesiapan belajar mandiri untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi sebesar 0,593 dengan p sebesar 0,000. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat self-efficacy dengan tingkat kesiapan belajar mandiri untuk memasuki jenjang pendidikan tinggi. Arah hubungan kedua variabel adalah positif dengan kekuatan hubungan yang besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, self-directed learning readiness, higher education, senior high school student.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Annisa Devi NataliaNIM110710170
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMMW.TairasUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 08 Jan 2024 09:30
Last Modified: 08 Jan 2024 09:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129022
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item