Pengaruh Terapi Kelompok Suportif terhadap Mekanisme Koping dan Konsep Diri pada Penderita Kusta di Wireskat Kabupaten Blora: Penelitian Pra·Eksperlmental

Zita Triwika (2018) Pengaruh Terapi Kelompok Suportif terhadap Mekanisme Koping dan Konsep Diri pada Penderita Kusta di Wireskat Kabupaten Blora: Penelitian Pra·Eksperlmental. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
Zita Triwika_131611123071_ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Zita Triwika_131611123071_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Pendahuluan: Stigma Inasyarakat menyebabkan penderita kusta dan keluarganya dijauhi dan dikucilkan oleh masyarakat, membuat mereka merasa malu, rendah diri sehingga mereka membatasi diri dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan asuhan keperawatan dengan terapi kelompok suportif untuk meningkatkan mekanisme koping yang efektif dan konsep diri positif pada penderita kusta. Metode: Penelitian ini menggunakan pra-experimental one group pra-post test design dengan purposive sampling. Total populasi 22 penderita kusta dan didapat sampel 21 penderita kusta. Instrumen menggunakan kuesioner. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test. Variabel independen adalah terapi kelompok suportif dan variabel dependen adalah mekanisme koping dan konsep diri. Hasil: Hasil penelitian menunj ukkan bahwa terapi kelompok berpengaruh terhadap mekanisme koping (p=O,OOO) dan konsep diri (p=O,OOO) pada penderita kusta. Diskusi: Intervensi terapi kelompok suportif dapat efektif dalam memperbaiki mekanisme koping dan konsep diri penderita kusta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: terapi kelompok suportif, mekanisme koping, konsep diri, kusta
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Zita Triwika131611123071
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMakhfudli, Dr., S.Kep,Ns, M.Ked.TropUNSPECIFIED
Thesis advisorPraba Diyan R, S.Kep.Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 23 Feb 2024 08:01
Last Modified: 23 Feb 2024 08:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item