Laporan Pelaksanaan Magang Di PT Pelindo Properti Indonesia Surabaya Optimalisasi Inspeksi Apar Di Gedung Pelindo Place Melalui Sarana Aplikasi Firecek

Farah Ayu Salsabilla, - (2022) Laporan Pelaksanaan Magang Di PT Pelindo Properti Indonesia Surabaya Optimalisasi Inspeksi Apar Di Gedung Pelindo Place Melalui Sarana Aplikasi Firecek. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG_FARAH AYU SALSABILLA.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pada era saat ini Keselamatan dan Kesahatan Kerja (K3) di tempat kerja menjadi sangat penting. Apabila terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja, perusahaan akan menanggung kerugian besar. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (PP No 50 Tahun 2012). Dalam manajemen proyek, salah satu sasaran utama yang dicapai adalah menciptakan iklim kerja yang mendukung baik dari segi sarana, kondisi kerja, keselamatan kerja, dan komunikasi timbal balik yang terbuka antara atasan dan bawahan (Paulus, 2015). Suatu kondisi kerja (work condition) dan keselamatan kerja (safety work) yang baik merupakan syarat untuk mencapai suatu iklim kerja yang mendukung bagi para pekerjanya terutama di dalam proyek. Hal ini perlu mendapat perhatian dikarenakan lokasi pekerjaan proyek merupakan salah satu lingkungan kerja yang mengandung resiko cukup besar (Ervianto, 2017), sehingga dapat dikatakan bahwa pada proyek terbilang paling rentan terhadap kecelakaan kerja. Pada penelitian Santia (2021), salah satu permasalahan kecelakaan terbesar di dunia adalah masalah kebakaran, karena apabila terjadi kebakaran akan banyak pihak yang dirugikan, antara lain pihak investor, para pekerja, pemerintah maupun masyarakat luas. Terjadinya kebakaran tidak hanya dapat menghilangkan harta benda maupun nyawa, akan tetapi menganggu keberlangsungan kegiatan operasional sehingga menganggu stabilitas kegiatan yang pada akhirnya menyebabkan semakin besarnya kerugian finansial yang ditanggung oleh perusahaan. Upaya penanggulangan kebakaran terutama mencegah dan mengurangi akibat buruk dari kebakaran adalah dengan terlaksananya mitigasi inspeksi APAR dan sarana proteksi kebakaran yang memenuhi standar. Sesuai Permenakertrans Nomor 04 Tahun 1980, salah satu tindakan pencegahan yang dapat dilakukan terhadap terjadinya bahaya kebakaran yang dapat terjadi di tempat kerja adalah dengan menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pelaksanaan Magang, PT Pelindo Properti Indonesia Surabaya, Optimalisasi Inspeksi Apar, Gedung Pelindo Place, Melalui Sarana Aplikasi Firecek
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Farah Ayu Salsabilla, -NIM 101811133172
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorDani Nasirul Haqi, -NIDN 0011118702
ContributorTiggi Perkasa Hardya, --
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:25
Last Modified: 27 Feb 2024 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130433
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item