Pemeriksaan Higiene Sanitasi Kapal di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar Wilayah Kerja Bandara Tampa Padang

Muhammad Rusdi (2020) Pemeriksaan Higiene Sanitasi Kapal di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar Wilayah Kerja Bandara Tampa Padang. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
9. MUHAMMAD RUSDI_101811123039_compressed.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi alat angkut yang semakin cepat membuat jarak antar negara dan daerah semakin dekat karena waktu tempuh yang semakin singkat, sehingga mobiltas orang dan barang semakin cepat melebihi masa inkubasi penyakit menular. Berdasarkan data (BPS, 2018) perkembangan pelayaran dalam negeri dan luar negeri periode 2004-2018, rata-rata peningkatan pertahun dalam negeri 9,34% dan luar negeri 8,93%. Kondisi itu berpengaruh terhadap risiko penularan penyakit yang ada secara global. Ancaman global yang kita hadapi yaitu penyakit yang ada di negara lain dan berpotensi masuk ke Indonesia (New Emerging Infectious Diseases) antara lain Hanta Fever,Ebola,HFMD (Hand, Foot, and Mouth Disease), Paraginomiasis Pulmonalis, SARS, Avian Influenzadan yang terjadi saat ini adalah pandemic Covid-19.(World Health Organization, 2011). Pengawasan sanitasi kapal merupakan salah satu tugas dari kegiatan pengendalian risiko lingkungan yang dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan. Sanitasi kapal mencakup seluruh aspek penilaian sanitasi kapal mencakup seluruh aspek penilaian kompartemen kapal antara lain, dapur, ruang tempat penyimpanan makanan, tempat mengolah makanan, gudang, palka, kargo, ruang tidur, air bersih, limbah padat dan limbah cair, tempat pembuangan sampah dan ruang mesin. Pemeriksaan sanitasi kapal dilaksanakan dalam rangka pembaharuan dokumen kesehatan kapal dan mengetahui kondisi sanitasi kapal yang datang dan akan berangkat di Pelabuhan Simboro.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Higiene sanitasi, Kapal, Pelabuhan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad RusdiNIM101811123039
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAditya Sukma PawitraNIDN0009048802
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:58
Last Modified: 29 Feb 2024 09:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item