Implementasi Program Kampung Iklim (Proklim) Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Purworejo Kabupaten Lumajang

Devina Windy Mangiri, - (2023) Implementasi Program Kampung Iklim (Proklim) Berbasis Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Purworejo Kabupaten Lumajang. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Devina Windy Mangiri_102011133220_Revisi Laporan Magang_compressed.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud, Universitas Airlangga sangat mendukung bahwa pendidikan tidak hanya bisa diperoleh secara formal namun juga secara informal. Dalam memperoleh pendidikan tidak hanya secara akademis dilakukan di ruangan kelas saja, namun bisa dilakukan dengan praktik salah satunya yaitu penerapan turut serta berpartisipasi dalam program MBKM. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga menjadi salah satu fakultas yang mendukung program MBKM. Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari beberapa departemen antara lain Biostatistika, Epidemiologi, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Administrasi Kebijakan Kesehatan, Gizi Kesehatan, serta Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Salah satu departemen di Fakultas Kesehatan Masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan program magang ini yaitu Departemen Kesehatan Lingkungan dimana fokus utama departemen ini yaitu pada faktor-faktor lingkungan yang memiliki dampak signifikan terhadapa kesehatan masyarakat dan masalah yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan. Perubahan iklim merupakan salah satu fenomena lingkungan yang nyata dan sebagai salah satu ancaman terbesar bagi kehidupan manusia. Indonesia sebagai salah satu negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim, untuk itu Indonesia sangat berkepentingan dalam usaha penanggulangan pemanasan global dan perubahan iklim. Diperkirakan pada periode 30 tahun mendatang bahwa kenaikan suhu bumi (global) berkisar antara 1,35oC dan akan terus mingkat antara 1, 5-2 oC (Intergovernmental Panel on Climate Change, n.d.).

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kampung Iklim (Proklim)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Devina Windy Mangiri, -NIM102011133220
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorLilis Sulistyorini, -NIDN0031036604
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:08
Last Modified: 01 Mar 2024 01:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item