LAPORAN MAGANG GIZI KLINIK MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA

FIKA RETNO EKAWATI, - (2019) LAPORAN MAGANG GIZI KLINIK MANAJEMEN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
LAPORAN MAGANG RSU HAJI Kelompok 1.pdf

Download (11MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penyelenggaraan makanan di instalasi gizi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Instalasi gizi merupakan unit fungsional yang menyelenggarakan pelayanan gizi di rumah sakit dengan 18 tenaga kerja PNS dan 3 tenaga kerja BLUD .Penyelenggaraan makanan oleh instalasi gizi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya menggunakan sistem semi outsourching yaitu menggunakan jasa boga PT Fatiga Karya Putra yang dipilih secara lelang.Pegawai jasa boga terdiri dari 3 ahli gizi, 7 pengolah, 14 pramusaji, 5 pengawas, dan 2 cleaning servis. Berdasarkan perhitungan analisis beban kerja dengan WISN pramusaji dan ahli gizi yang tersedian sudah memenuhi kebutuhan minimal. Akan dilakukan pengembangan menu pertahun berdasrkan hasil evaluasi mutu makanan .Penyajian menu setiap kali makan dipilih berdasarkan siklus menu yang telah ditetapkan yaitu siklus per 10 hari serta kelas dan jenis dietnya .Pemesanan bahan makanan dilakukan sore hari untuk pengiriman bahan di pagi hari. Bahan yang telah diterima akan dipersiapkan untuk menu sian, sore dan pagi ke esokan harinya. Bahan makanan yang telah diolah akan diporsikan dan di distribusikan oleh pramsusaji. Makanan baru boleh didistribusikan setelah dilakukan pengecekan ketepatan diet dan menu yang disajikan oleh pengawas .Terdapat beberapa peralatan yang tidak sesuai dengan kebutuhan peralatan berdasarkan kelas rumah sakit yaitu rice cooker susun 3 dan trolli distribusi.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALTH
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > PKL
Creators:
CreatorsNIM
FIKA RETNO EKAWATI, -NIM101611233004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul Muniroh, -NIDN-
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:25
Last Modified: 08 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131265
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item