STUDI KOMPARASI KEMANDIRIAN ANAK PRASEKO'LAH YANG DITITIPKAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK DAN DIASUH PEMBANTU YANG IBUNYA BEKERJA

Aria Aulia Nastiti, - (2009) STUDI KOMPARASI KEMANDIRIAN ANAK PRASEKO'LAH YANG DITITIPKAN DI TEMPAT PENITIPAN ANAK DAN DIASUH PEMBANTU YANG IBUNYA BEKERJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ARIA AULIA NASTITI 010510889 B20240228.pdf

Download (43MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pembahasan pada bab sebelurnnya, maka dapat ditarik simpulan penelitian perbedaan kemandirian anak prasekolah yang dititipkan di TP A dan diasuh pembantu yang ibunya bekerja. 1. Tingkat kemandirian anak-anak yang dititipkan di TPA mayoritas sudah mandiri dalam aspek fisik maupu psikologis. Program pembelajaran dan kegiatan-kegiatan di TP A menstimulasi kemandirian anak prasekolah terutama dalam aspek fisik yaitu memenuhi kebutuhan ADL, dan aspek psikologis yaitu rasa percaya diri, tanggung jawab menjaga lingkungan. 2. Tingkat kemandirian anak-anak yang diasuh pembantu sebagian besar kurang mandiri dalam aspek fisik seperti memenuhi kebtuhan ADL. Pembantu di rumah cenderung melayani dan memenuhi semua kebutuhan sehingga anak tidak berusaha untuk mandiri. Kemandirian dapat dilatih melalui kerjasama antara pembantu dengan orang tua dalam melatih anak untuk mandiri di rumah. 3. Anak-anak yang dititipkan di TPA lebih mandiri dibandingkan anak-anak yang diasuh pembantu dirumah. Pengasuhan di TP A dapat menstimuli perkembangan kemandirian anak sesuai dengan usia perkembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NURSING
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Aria Aulia Nastiti, -NIM010510889B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri utami, -NIDN-
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:31
Last Modified: 14 Mar 2024 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131377
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item