Pengaruh Pemberian Elektrolit dan Multivitamin Terhadap Gambaran Histopatologi Paru pada Broiler yang Terpapar Heat Stress Kronis

Afik Kushardiyanto (2024) Pengaruh Pemberian Elektrolit dan Multivitamin Terhadap Gambaran Histopatologi Paru pada Broiler yang Terpapar Heat Stress Kronis. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
17. Afik Kushardiyanto_060313139.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Ayam ras adalah jenis ternak yang sangat peka terhadap stressor (baik fisik maupun psikis), termasuk stress paws (heat stress) (Leandro, 2004). Kombinasi antara suhu lingkungan dengan kelembaban yang tinggi diketahui dapat mengakibatkan morbiditas dan menurunkan produktivitas balk pada ayam broiler maupun layer, bahkan pada keadaan yang ekstrim dapat mengakibatkan mortalitas (Anderson dan Carter, 1998). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan broiler yang mendapat suplemen dan multivitamin dalam mentoleransi perubahan suhu (thermotolerance) lingkungan yang meningkat (heat suss), dengan mengamati perubahan patologi pare-parunya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Suplemen elektrolit dan multivitamin komersial yang diberikan bails dalam dosis normal I gram/4 It air maupun dua kali dosis normal 2 gram/4 It air tidak dapat mencegah perubahan histopatologi paru-paru pada broiler yang terpapar heat stress kronis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Elektrolit, Multivitamin, Hispatologi, Broiler
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Afik KushardiyantoNIM060313139
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHasutji Endah Narumi-
Thesis advisorAnwar Ma’ruf-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Mar 2024 05:18
Last Modified: 18 Mar 2024 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131766
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item