Pengaruh Senam Nifas Terhadap Percepatan Turunnya Fundus Uteri Pada Hari Pertama Pasca Salin Di RB II RSUD Dr. Soetomo Surabaya

Afnani Toyibah, - (1999) Pengaruh Senam Nifas Terhadap Percepatan Turunnya Fundus Uteri Pada Hari Pertama Pasca Salin Di RB II RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
22. 019810094 R.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan ibu setelah melahirkan merupakan hal yang penting dalam masa nifas. Keadaan ini dipengaruhi karena telah tetjadi perubahan fisik dan psikis selama masa kehamilan dan saat persalinan. Salah satu cara supaya tetap sehat dan dapat mengalami pemulihan lebih baik adalah dengan melaksanakan senam nifas. Beranjak dari uraian diatas, maka peneliti mengadakan penelitian tentang "Pengaruh Senam Nifas Terhadap Percepatan Turunnya Fundus Uteri Pada Hari Pertama Pasca Salin di RB II RSUD Dr. Soetomo Surabaya". Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengkaji apakah ada hubungan antara usia, paritas, tingkat pendidikan ibu, la'ma senam nifas dengan percepatan turunnya fundus uteri. Desain yang digunakan adalah “quasi experimental". Sampel diambil dari ibu-ibu pasca salin yang dirawat di RB II RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Besar sampel 30 subyek. Pemilihan sampel dilakukan dengan non probability sampling tipe accidental sampling. Pengolahan data menggunakan analisis ChiSquare dengan tingkat kemaknaan dirancangp ~ 0,1 . Dari analisis uji Chi-Square didapatkan, fak'1or yang mempunyai pengaruh bermakna terhadap percepatan turunnya fundus uteri pada hari pertama pasca salin adalah (1) usia ibu (p = 0,073) dan (2) paritas ibu (p = 0.031). Lama senam nifas dengan waktu 25-30 menit mempunyai pengaruh baik terhadap percepatan turuimya fundus uteri. Sedangkan tingkat pendidikan ibu tidak mempunyui pengaruh bermakana terhadap rurunnya iundus uteri (p = 0,532). Sehingga dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi percepatan turunnya fundus uteri pada hari pertama pasca salin adalah (1) usia ibu, (2) paritas ibu dan (3) lama senam nifas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: senam nifas; persalinan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Afnani Toyibah, -NIM 019810094 R
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHendy Hendarto, -NIDN 8829700016
ContributorNursalam, -NIDN 0025126601
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:03
Last Modified: 21 Mar 2024 04:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item