Isolasi Dan Identifikasi Zat Kandungan Daun Prasman (Eupatorium Triplinerve.Vahl) yang Berkhasiat Sebagai Anti Plasmodium Falciparum In Vitro

Siti Masroerah Broto Sutaryo (1999) Isolasi Dan Identifikasi Zat Kandungan Daun Prasman (Eupatorium Triplinerve.Vahl) yang Berkhasiat Sebagai Anti Plasmodium Falciparum In Vitro. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
8. Dis M 20_02 Sut i_compressed.pdf

Download (19MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dua dasawarsa terakhir, penyakit malaria kembali merupakan ancaman bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena resistensi vektor malaria, yaitu Anopheles sp. terhadap insektisida dan resistensi Plasmodium falciparum dan P. vivax terhadap obat malaria yang telah digunakan. Salah satu upaya untuk memeranginya ialah mencari obat baru dengan struktur penuntun berlainan dengan struktur penuntun obat malaria yang ada Pencarian obat barn dapat dimulai dengan mencari senyawa aktif antimalaria dari tumbuhan yang secara tradisional digunakan sebagai obat malaria Eupatorium triplinerve Vahl adalah salah satu tumbuhan yang di Indonesia telah digunakan sebagai obat malaria oleh masyarakat. Aktivitas penghambatan terhadap pertumbuhan P. fhiciparum in vitro dart 7- metoksi kumarin dengan IC50 sebesar 7,173 pg/mL, lebih kuat daripada 6,7- dioksi metilen kumarin dengan IC50 sebesar 18,821 pg/mL. Kandungan utama dart E. triplinerve sudah pernah dilaporkan oleh peneliti lain, namun aktivitas penghambatan terhadap pertumbuhan P. falciparum in vitro dart 7-metoksi kumarin dan 6,7-dioksi metilen kumarin in vitro belum pernah dilaporkan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Daun Prasman, Anti Plasmodium Falciparum in Vitro
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika dan IPA (S3)
Creators:
CreatorsNIM
Siti Masroerah Broto SutaryoNIM099010873
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutarjadi-
Thesis advisorSri Oemijati-
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:53
Last Modified: 21 Mar 2024 04:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132239
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item