Has'ud Hariadi, - (2004) Usul Kegiatan Hibah Pengajaran Proyek Due-Like Periode Anggaran 2004/2005. Other thesis, Universitas Airlangga.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (466kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (260kB) |
|
Text (RINGKASAN)
3. RINGKASAN.pdf Download (730kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. PENDAHULUAN.pdf Download (382kB) |
|
Text (METODOLOGI)
5. METODELOGI.pdf Download (326kB) |
|
Text (RINCIAN AKTIVITAS DAN JADUAL)
6. RINCIAN AKTIVITAS DAN JADWAL.pdf Restricted to Registered users only until 2027. Download (342kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Mata kuliah I. Kebidanan dan I. Kemajiran (KHR041) dengan beban 3sks dan (KHR041 P) untuk praktikum dengan beban 2 sks diberikan padamahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan semester VII dengan jumlahmahasiswa sekitar 120 orang/tahun. Mata kuliah yang mensyaratkan FisiologiReproduksi sebagai mata kuliah prasyarat (entry behaviour) pada tahun 1996telah mempunyai diktat sebagai bahan acuan untuk mahasiswa.Kontrak perkuliahan telah disosialisasikan sejak tiga tahun yang laluwalaupun belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan konsep pengembangankemampuan instruksional atau kemampuan mengajar seperti pada programPendekatan T erapan atau Ancangan Acuan dan Program PengembanganKetrampilan Dasar dan T eknik lnstruksional.Saat ini metoda pembelajaran untuk mata kuliah I. Kebidanan dan I.Kemajiran dilakukan dengan cara tatap muka dan evaluasi melalui tentamen I,II, UTS dan UAS yang sebelumnya didahului dengan kontrakperkuliahan/pedoman perkuliahan, Satuan Acara Perkuliahan (SAP) danEvaluasi mahasiswa (Lampiran 1).Setelah diikuti perkembangan hasil perkuliahan di semester VIIsampai dengan mahasiswa koasistensi di Bagian Reproduksi, maka akanterlihat bahwa materi yang telah disampaikan sebelumnya belum dapatdipahami sepenuhnya oleh mahasiswa. Ada kesan bahwa mata kuliah I.Kebidanan dan I. Kemajiran yang diberikan selama ini hanya dari segi kognitifdengan katagori jenis perilaku pengetahuan dan pemahaman saja yang dapatditerima oleh mahasiswa (Lampiran 2).Untuk mengatasi kendala di atas, perlu dilakukan terobosanperbaikan metoda pembelajaran diantaranya dengan cara pembuatan bukuajar untuk masing-masing topik perkuliahan, menambahkan penayanganslide/foto tentang materi I. Kebidanan dan I. Kemajiran dan evaluasi terhadapcara mengajar.Tujuan terobosan perbaikan metoda pembelajaran adalah untukmeningkatkan ranah kognitif ke dalam katagori jenis perilaku penerapan,analisis, sintesis dan evaluasi serta merangsang mahasiswa memasuki ranahefektif dan pikomotorik.Usulan ini merupakan perbaikan kegiatan Hibah Pengajaran ProyekDUE Like Periode Anggaran 200212003 dari perbaikan Metode Pembelajaranmata kuliah I. Kebidanan menjadi Perbaikan Metode Pembelajaran mata kuliahI. Kebidanan dan I. Kemajiran yang merupakan penggabungan dari mata kuliahI. Kebidanan dan I. Kemajiran
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | - | ||||||
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine | ||||||
Divisions: | 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | indah rachma cahyani | ||||||
Date Deposited: | 22 Mar 2024 05:17 | ||||||
Last Modified: | 22 Mar 2024 05:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132325 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |