Laporan MBKM By Design Fkm Unair Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Surabaya Tim Cadangan Kesehatan

Narendra Duta Eka Putra, - (2023) Laporan MBKM By Design Fkm Unair Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Surabaya Tim Cadangan Kesehatan. Technical Report. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (Fulltext)
37. Laporan Magang MBKM By Design_Narendra Duta Eka Putra.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil dan pembahasan pada laporan magang ini, dapat disimpulkan bahwa: 1. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu unsur pelaksana urusan pemerintahan di bidang kesehatan di wilayah kerja provinsi Jawa Timur. Dinas dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah Provinsi. Krisis Kesehatan merupakan bagian dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang ditugaskan di Provinsi Jawa Timur dibawah susunan organisasi Bidang Fasilitas Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. 2. Penerapan ilmu pada tiap mata kuliah di tempat magang telah dilaksanakan melalui diskusi, observasi lapangan, mengikuti berbagai kegiatan, serta mempelajari ilmu baru pada kegiatan selama masa magang MBKM by Design FKM Unair. 3. Tenaga Cadangan Kesehatan adalah sumber daya manusia (tim atau perorangan) baik nakes maupun non nakes yang disiapkan (registrasi dan pembinaan) dalam kondisi prakrisis kesehatan untuk dimobilisasi pada situasi darurat krisis kesehatan (alam, non alam, sosial) dalam rangka memperkuat kapasitas tenaga kesehatan dan program kesehatan di wilayah terdampak. Pada saat terjadi bencana, Tenaga Cadangan Kesehatan yang telah ditetapkan untuk dimobilisasi ke wilayah terdampak harus melapor pada dinas kesehatan di wilayah asal. Selain itu, Tenaga Cadangan Kesehatan harus mendapatkan informasi, yakni kondisi terkini di lokasi bencana, kebutuhan pelayanan kesehatan maupun kebutuhan bantuan kesehatan lainnya di wilayah terdampak, akses menuju lokasi terdampak, dan kondisi keamanan.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan penelitian, MBKM, FKM UNAIR
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Narendra Duta Eka Putra, -NIM102011133104
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 24 Mar 2024 01:26
Last Modified: 24 Mar 2024 01:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item