Hubungan Antara Kualitas Menyusui Dengan Kelancaran Pengeluaran ASI di Ruang Bersalin Rs Adi Husada Kapasari Surabaya

Dewi Andriani, - (2002) Hubungan Antara Kualitas Menyusui Dengan Kelancaran Pengeluaran ASI di Ruang Bersalin Rs Adi Husada Kapasari Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
68. DEWI ANDRIANI20240301_09252976..pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Air Susu Ibu memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan mempertahankan kelangsungan hidup bayi. Pemberian ASI Exclusive merupakan cara yang paling mudah dan sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi. Namun ada kecenderungan, terjadi penurunan pemanfaatan ASI, salah satu sebabnya adalah produksi ASI yang tidak lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa hubungan antara cara, lama dan frekuensi menyusui dengan kelancaran pengeluaran ASI. Design yang digunakan adalah Cross Sectional. Pengambilan sample dilaksanakan di Ruangan rawat nginap Bersalin RS Adi Husada Kapasari dengan menggunakan tehnik Consecutive Sampling. Sampel yang diperoleh selama dua minggu sebanyak 30 responden. Data yang diperlukan dikumpulkan dengan menggunakan observasi kemudian dihitung secara statistik untuk mengetahui hubungan kedua variable tersebut dengan menggunakan uji Chi-Square dengan probabilias ::;0.05 Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara cara, lama dan frekuensi menyusui dengan kelancaran pengeluaran ASI di ruangan rawat inap bersalin RS. Adi Husada (Chi hitung 16.830 lebih besar dari Chi tabel pada derajat kebebasan empat adalah 9,4877, dan p=0,002 lebih kecil darip= 0,05) Berdasarkan analisa diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kualitas menyusui dengan kelancaran pengeluaran ASI di ruangan rawat inap bersalin RS. Adi Husada Kapasari. Semakin tinggi kualitas menyusui responden, semakin lancar ASI yang dikeluarkan. Kondisi ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk memenuhi nutrisi bayi selama dirawat di ruangan rawat inap bersalin RS. Adi Husada Kapasari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menyusui; pengeluaran ASI
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Andriani, -NIM019930015 B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAgus Abadi, --
UNSPECIFIEDDwi Purwanti, --
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 25 Mar 2024 05:20
Last Modified: 25 Mar 2024 05:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132532
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item