PEMANFAATAN INFUSA BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia, Linn.) DALAM MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN RADANG KULIT LOKAL BUATAN PADA MENCIT (Mus musculus)

VERONICA DEWI SARASWATI, - (2024) PEMANFAATAN INFUSA BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia, Linn.) DALAM MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN RADANG KULIT LOKAL BUATAN PADA MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
(Morinda - VERONICA DEWI SARASWATI - ABSTRAK.pdf

Download (612kB)
[img] Text
(Morinda - VERONICA DEWI SARASWATI.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi buah mengkudu dalam mempercepat penyembuhan radang kulit lokal buatan pada mencit. Penelitian ini menggunakan 30 ekor mencit jantan (Mus musculus) umur 3 bulan dengan berat badan rata-rata 30 g. Disain percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terbagi menjadi lima perlakuan dengan enam uJangan. Kelompok PO (-) sebagai kontrol negatif merupakan keadaan normal, kelompok PO (+) sebagai kontrol positif yang diberi aquadest 0,5 mI, kelompok PI diberi infusa buah mengkudu 20 % 0,5 ml, kelompok P2 diberi infusa buah mengkudu 40 % 0,5 ml, dan kelompok P3 diberi infusa buah mengkudu 60 % 0,5 ml. Sebelum perlakuan mencit-mencit yang termasuk kelompok PO (+), PI, P2, dan P3 dibuat suatu radang kulit lokal di daerah punggung dengan cara menyuntikkan minyak terpentin secara intra dermal, 3 hari kemudian infusa buah mengkudu diberikan secara oral menggunakan feeding tube. Pemberian infusa ini dilakukan dua kali sehari selama 5 hari. Setelah perlakuan hewan coba dieutanasia menggunakan kloroform dan diambil kulit punggungnya pada bagian yang mengalami peradangan lalu dijadikan sediaan histologi untuk diperiksa kepadatan fibroblas dan sabut-sabut kolagen. Data dianalisis menggunakan Uji Kruskal Wallis yang dilanjutkan dengan Uji Pasangan Berganda (Uji Z) 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa infusa buah mengkudu dengan konsentrasi 20 % dapat mempercepat penyembuhan radang kulit lokal buatan meskipun tidak berbeda nyata dengan konsentrasi yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MUS MUSCULUS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
VERONICA DEWI SARASWATI, -NIM069812541
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDChairil Anwar, -NIDN-
UNSPECIFIEDSulistyaningwati G., -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 26 Mar 2024 06:12
Last Modified: 26 Mar 2024 06:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132576
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item