Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kondisi Psikologis Dan Body Image Pasien Kanker Payudara Yang Sedang Menjalani Pengobatan

Laksana Rouf Rohimna, - (2019) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kondisi Psikologis Dan Body Image Pasien Kanker Payudara Yang Sedang Menjalani Pengobatan. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (fulltext)
LAKSANA ROUF ROHIMNA 13151113313120240228.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy
[img] Text (abstrak)
2. ABSTRAK.pdf

Download (824kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

pasien dengan kanker payudara akan rnengalami tekanan psikologis berupa depresi dan kecernasan serta perubahan bentuk tubuh yang akan mempengaruhi body image pasien kanker payudara. Pasien kanker payudara membutuhkan dUkungan dari luar yang dapat meningkatkan kondisi psikologis dan body image dalam rnenjalani pengobatan yang membutuhkan waktu yang lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara dukungan keluarga dengan kondisi psikologis dan body image penderita kanker payudara. Metode : Sampel yang didapat sebanyak 116 responden dengan purposive sampling. Variabel independen adalah dukungan keluarga. Variabel dependen adalah kondisi psikologis dan body image. Instrument pada penelitian ini menggunakan kuesioner dukungan keluarga, psychological distress inventory (P DJ) dan body image scale (B/S), dan data dianalis dengan Spearman 's Rho. Basil dan analisis : Penderita kanker payudara dengan dukungan keluarga positifsebanyak 98 (84.5%) responden, kondisi psikologis positif sebanyak 91 (78.4%)responden dan body image positif sebanyak 94 (81.0%) responden. Terdapat hubungan antara dukungan keluarga dengan kondisi psikologis penderita kanker payudara (p=O.OOO. r=O,470) dan dukungan keluarga dengan body image penderita kanker payudara (p=O,OOO. r=4,OO) . Diskusi : Peran dukungan keluarga sangat rnempengaruhi kondisi psikologis dan body image penderita kanker payudara. Oleh karena itu perawat rnaupun pelayanan kesehatan lainnya dapat menyampaikan kepada anggota keluarga untuk terus rnendukung, memotivasi dan rnembantu kebutuhan penderita kanker sehingga dapat rneningkatkan kondisi psikologis rnaupun body image pederita kanker payudara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: dukungan keluarga, kondisi psikologis, body image, kanker payudara
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Laksana Rouf Rohimna, -NIM131511133131
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorHanik Endang Nihayati, -NIDN0016067610
ContributorAria Aulia Nastiti, -NIDN0023028704
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:20
Last Modified: 28 Mar 2024 04:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/132780
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item