PENGGANTIAN WARIS (PLAATSVERVULLING) SEBAGAI SALAH SATU CARA MEWARIS MENURUT BURGERLIJK WETBOEK

EDY PRIJANTO, 037510109 (1982) PENGGANTIAN WARIS (PLAATSVERVULLING) SEBAGAI SALAH SATU CARA MEWARIS MENURUT BURGERLIJK WETBOEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
EDY PRIJANTO.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggantian waris merupakan salah satu cara untuk memperoleh kedudukan sebagai waris menurut BW. Seseorang dikatakan mewaris secara plaatsvervulling (penggantian waris) adalah seseorang yang menerima harta warisan dari pewaris bukan karena kedudukannya sendiri, akan tetapi menggantikan kedudukan orang lain yang seharusnya menerima warisan. Orang lain yang senarusnya menerima warisan telah meninggal lebih dahulu daripada pewaris, sehingga dalam pewarisan orang yang menggantikan tersebut terpanggil/tampil untuk menduduki tempat yang lowong karena kematian orang yang digantikan tersebut. Penggantian waris secara umum hanya dapat terjadi dalam pewarisan berdasarkan undang-undang (ab-intestato), namun begitu masih ada satu perkecualian mengenai penggantian waris yang merupakan satu-satunya peristiwa kemungkinan penggantian waris dalam pewarisan berdasarkan testaraen yaitu sebagaimana yang ada pada pasal 975 BW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK - 2 Per 444/82 Edy p
Uncontrolled Keywords: INHERITANCE AN SUCCESSION ( ISLAMIC LAW )
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB632-636.2 Inheritance and succession
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
EDY PRIJANTO, 037510109UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMarthalena Pohan, S.H.UNSPECIFIED
Thesis advisorAsis Safioedin, S.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 03 Jul 2013 12:00
Last Modified: 02 Aug 2016 08:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13497
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item