Meilinda Galih Setyowati, -
(2021)
ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINGKAT STRES DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA DI FAKULTAS KEPERA WATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text
Analisis Faktor yg Berhub dgn tk Stres Pembelajaran oleh Mellind.pdf
Download (43MB)
|
Abstract
Pendahuluan: Pandemi COVID-19 telah membuat aktivitas pembelajaran mengalami perubahan menjadi sistem daring. Mahasiswa yang kesulitan menyesuaikan diri dengan pembelajaran daring dapat mengalami stres. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa stres pada mahasiswa dimasa pandemi COVID- 19 disebabkan oleh beberapa faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan faktor karakteristik mahasiswa, kesulitan akademis, dan dukungan sosial dengan tingkat stres dalam pembelajaran daring pada mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya, lawa Timur, Indonesia. Lumlah sampel sebanyak 261 mahasiswa, dengan kriteria inklusi mahasiswa aktif prodi sarjana S 1 keperawatan semester 2, semester 4, semester 6, semester 8, Program Alih Jenis, dan responden belum bekerja . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik regresi ordinal dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Analisis data menggunakan program SPSS. Basil: Ada hubungan antara jenis kelamin (p=O,006), jenjang semester (p=O,OOO), kesulitan akademis (p=O,005), dukungan sosial (p=O,005) dengan tingkat stres dalam pembelajaran daring. Nilai R-Square sebesar 0,144 yang artinya variabel independen mempengaruhi variable dependen sebesar 14,4%, dimana sisanya 85,6% dijelaskan oleh faktor yang lain yang belum diketahui dalam penelitian ini.Kesimpulan: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa dengan jenis kelamin perempuan, jenjang semester yang lebih tingg~ dukungan sosial rendah, dan kesulitan akademis yang tinggi akan lebih rentah mengalami stres dalam pembelajaran daring. Penelitian selanjutnya diharapkan peneliti dapat menggali faktor yang belum dapat dimunculkan seperti faktor riwayat kesehatan mental responden, serta pember ian dukungan psikososial dan layanan kesehatan mental diperlukan untuk siswa yang berisiko.
Actions (login required)
|
View Item |