Metode Pembelajaran Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Tuberkulosis Paru

Idham Choliq, I (2020) Metode Pembelajaran Kepatuhan Pengobatan pada Pasien Tuberkulosis Paru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 2 METODE.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 HASIL DAN ANALISIS.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Ketidakpatuhan masih menjadi isu penting dalam pengobatan TB Paru. Ketidakpatuhan merupakan salah satu hambatan paling signifikan untuk pengendalian TB di dunia . Tujuan dari Systematic review ini adalah menganalisis pengaruh metode pembelajaran kepatuhan pengobatan pada pasien TB paru. Metode: Menggunakan desain Systematic review. Pencarian artikel dilakukan mulai dari 17 April 2020 sampai 10 Mei 2020 dengan mengakses lima database elektronik (Scopus, MEDLINE, Science Direct, CINAHL, dan ProQues). Tahun artikel dibatasi dari tahun 2015-2020. Kata kunci: method" OR "strategy" OR "intervention", "adherence OR compliance" dan "tuberculosis OR TB pulmonary OR Mycrobaterium tuberculosis". Menilai kualitas artikel menggunakan the Joanna Briggs Institute Critical Apprasional Tool dan PRISMA checklist sebagai petunjuk dalam penyaringan artikel. Basil dan Analisis: Sebanyak 25 artikel dianalisis sesuai kriteria inklusi . Artikel yang terpilih dibagi ke dalam dua tema besar tentang metode pembelajaran kepatuhan pengobatan TB: metode pembejaran online (n=12) dan metode pembelajaran offline (n=13). Desain penelitian lebih banyak menggunakan Randomized Controlled Trial , studi observasional (Prospective-cohort, Retrospective-cohort, cross-sectional) dan QuasiEksperiment. Jumlah sampel bervariasi mulai dari 30 responden sampai sebanyak 4 .173 responden . Usia mulai dari 15 sampai 65 ke atas. Karakteristik gender didominasi oleh laki-laki , dan sebagian besar tingkat pendidikan di level sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Diskusi dan Kesimpulan: Metode pembelajaran secara online efektif mengamati pasien minum obat, dan meningkatkan kepatuhan obat bulanan. Metode pembelajaran secara offline efektif mengurangi hambatan atau biaya yang dipersepsikan dan meningkatkan pengetahuan pasien serta kepatuhan minum obat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mycobacterium tuberkulosis, Kepatuhan, Metode
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S2 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Idham Choliq, INIM131814153092
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDTintin Sukartini, TUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDMakhfudli, MUNSPECIFIED
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 05 Feb 2025 14:06
Last Modified: 06 Feb 2025 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/135709
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item