ELIA AIRUL RAHMAWATI (2015) Kemampuan Pelafalan Fonem Anak Autis Kriteria Childhood Disintegrative Disorder Di Cakra Autisme Center Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text (Cover)
1. COVER.pdf Download (658kB) |
|
Text (Abstrak)
2 . ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (Daftar Isi)
3 . DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
|
Text (Bab I Pendahuluan)
4 . BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (405kB) |
|
Text (Bab II Gambaran Umum Objek Penelitian)
5 . BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III Temuan Dan Analisis Data)
6 . BAB III TEMUAN DAN ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (831kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV Simpulan Dan Saran)
7 . BAB IV SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
8 . DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (Lampiran)
9 . LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 26 May 2023. Download (371kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitan yang berjudul “Kemampuan Pelafalan Fonem Anak Autis Childhood Disentegrative Disorder di Cakra Autisme Center Surabaya” bertujuan mengetahui kemampuan fonologi dan bentuk silabel yang dihasilkan oleh anak autis CDD. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan sumber data data primer dan sekunder. Pemerolehan data primer menggunakan media kartu dalam pemerolehan bahasa yang dihasilkan, sedangkan data sekunder didapatkan dari data sekolah, yaitu berupa naratif dan numerik. Pemerolehan data didapatkan melalui tiga tahapan, diantaranya: pemilihan informan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti; menggunakan teknik simak libat cakap; dan observasi lansung. Pemerolehan data melalui obeservasi lansung menggunakan teknik menebak gambar pada kartu. Kartu tersebut dibedakan menjadi empat jenis, diantaranya: kategori buah, binatang, kerja, dan profesi. Tujuan menggunakan medium ini untuk memperoleh fonem-fonem sesuai dengan kemampuan pada anak tersebut. Data-data berupa fonem-fonem tersebut dianalisis menggunakan teori fonologi dengan unsur-unsur didalamnya, seperti: fonem dan silabel. Data kemudian disajikan secara formal dalam bentuk deskriptif kualitatif. Data didapatkan dari lima informan yang berdasarkan kategori dalamnya. Kelima informan tersebut, diantaranya: tiga laki-laki dan dua perempuan. Pada penelitian ini menghasilkan fonem-fonem pada kemampuan anak autis kriteria childhood disintegrative disorder, yaitu berupa vokal dan konsonan. Selain fonem yang dihasilkan dari kemampuan anak, bentuk-bentuk fonem dalam pola silabel dengan kemampuan fonologi pada anak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS. BI. 37/15 Rah k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, fonologi, childhood disintegrative disorder, vokal, konsonan, dan silabel | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P221 Phonology and Phonetics | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 26 May 2020 09:59 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14431 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |