Bahasa Chat Game Dota 2 Server Asia

Arum Rizqi Sulistyani (2015) Bahasa Chat Game Dota 2 Server Asia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (381kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (409kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PEMBAHASAN)
6. BAB III PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV SIMPULAN DAN SARAN)
7. BAB IV SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (283kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-sulistyani-39187-7.abstr-k.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 87-15 Sul b.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk bahasa, makna, dan faktor-faktor yang mempengaruhi munculnya bahasa chat yang terdapat di dalam game Dota 2. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menyajikan analisis data yang bersumber pada transkripsi chat yang peneliti dapatkan dari narasumber, yaitu beberapa pemain game Dota 2 di warnet Zeus Surabaya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak bebas cakap yang melalui tahapan peneliti menyimak bahasa chat yang digunakan oleh pemain Dota 2 dengan melihat video replay permainan narasumber, kemudian peneliti mentranskripsikan data bahasa chat yang ada di video replay menjadi bentuk tertulis. Teknik lain yang digunakan adalah teknik wawancara guna memperoleh informasi data terkait penerjemahan teks data. Hasil penelitian ditemukan sejumlah kosakata yang mengalami proses penyingkatan kata (akronim dan singkatan, kontraksi, dan penghilangan fonem), proses perubahan fonem, dan proses perubahan makna. Proses penghilangan fonem terdiri dari afaresis, sinkop, dan apokop. Proses perubahan makna terdiri dari spesialisasi makna, peyorasi makna, dan asosiasi makna. Penggunaan istilah asli yang tidak mengalami proses perubahan apapun juga ditemukan di dalam bahasa chat game Dota 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 87/15 Sul b
Uncontrolled Keywords: GAMES; SEMANTICS
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325-325.5 Semantics
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Arum Rizqi SulistyaniNIM121111072
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi HandayaniNIDN0016026704
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 May 2020 03:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14487
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item