Penilaian Kinerja Karyawan: Studi Deskriptif Tentang Upaya Yang Dilakukan H R D Deparment dan F & B Departement Dalam Mempertahankan Kinerja Karyawan Di Banquet Kitchen JW Marriot Surabaya)

Amiharto Kamaludin, 070610560 S (2010) Penilaian Kinerja Karyawan: Studi Deskriptif Tentang Upaya Yang Dilakukan H R D Deparment dan F & B Departement Dalam Mempertahankan Kinerja Karyawan Di Banquet Kitchen JW Marriot Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-amihartoka-17968-abstrak-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-amihartoka-14986-fispw0-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri kuliner kini semakin berkibar di Indonesia, banyak industri makanan yang bermunculan menuntut para pelaku industri makanan meningkatkan daya saing terhadap para competitornya. Upaya untuk meningkatkan persaingan usaha tersebut salah satunya adalah dengan meningkatkan mutu dan kualitas kinerja sumber daya manusia yang bekerja pada bidang pembuatan produksi makanan dan minuman yang dihidangkan atau di sajikan. Salah satu jenis usaha yang menyajikan makanan di dalamnya adalah Hotel, dimana yang di angkat dalam penelitian ini adalah Hotel Jw Marriot yaitu yang beralamat di jalan Embong malang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pendekatan yang bersifat kualitatif.keinginan penelitian untuk menggambarkan kondisi yang terjadi pada saat dilakukannya penelitian yang mengantarkan peneliti kebentuk penelitian dengan metode deskriptif. Peneliti memilih penelitian kualitatif karena melalui pendekatan ini peneliti dapat memperoleh kedalam masalah-masalah yang ingin dipecahkan. Melalui penelitian yang telah dilakukan telah diperoleh hal-hal sebagai berikut : faktorfaktor atau upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak HRD departement dan F&B departement JW Marriot hotel surabaya untuk mempertahankan kinerja karyawan serta faktor-faktor yang dapat menyebabkan tumbuhnya semangat kerja karyawan dengan kata lain pihak HRD departement dan F&B departement tidak hanya mempertahankan tetapi juga berusaha meningkatkan semangat kerja karyawan.adapun beberapa cara atau langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak HRD departement dan F&B departement dalam melakukan proses penilaian kinerja yaitu dengan metode yang bersifat tertutup dimana para karyawan tidak akan mengetahui jika proses penilaian kinerja sedang berlangsung. Dan beberapa cara dalam mempertahankan kinerja karyawannya yaitu antara lain: memberikan beberapa macam penghargaan seperti:reward, uang/bonus, kenaikan gaji, kenaikan jabatan, dll serta beberapa cara untuk memperbaiki kinerja karyawan yang dianggap kurang memenuhi standar kriteria penilaian kinerja antara lain : memberikan pelatihan dan training setiap harinya kepada karyawan hotel JW Marriot surabaya. Dari masingmasing masalah tersebut memerlukan penanganan atau perhatian secara khusus untuk menjalankan suatu organisasi atau perusahaan. Oleh sebab itu jika terjadi sesuatu yang kurang tepat berkaitan dengan masalah kinerja karyawan maka perlu dilakukan upaya untuk mengantisipasinya guna menghindari suatu masalah yang lebih tidak diharapkan lagi, sehingga dilakukan upaya sedemikian rupa untuk mengantisipasinya antara lain dengan melakukan proses penilaian kinerja sampai dengan memberikan beberapa macam penghargaan kepada karyawan di JW Marriot hotel surabaya. Translation: Culinary industry is increasingly flying in Indonesia, many food industry popping prosecute those responsible for the food industry to increase competitiveness against competitornya. Efforts to increase business competition is one of them is by improving the quality and performance quality of human resources working in the field making the production of food and beverages served or served. One type businesses serving food in it is a hotel, which is in the lift in This research is Jw Marriot Hotel which is located at street Embong poor Surabaya. This research uses research methods and approaches kualitatif.keinginan research to describe a condition that occurs when doing research which led researchers kebentuk research method descriptive. The researcher chose qualitative research because it is through this approach, researchers can get into the problems to be solved. Through the research that has been done already obtained any of the following: factors or the efforts made by the HRD department and F & B department JW Marriot hotel surabaya to maintain the employee's performance and the factors that can caused the growth of employee morale in other words, the HR department and F & B department for not only maintain but also strives to improve morale karyawan.adapun some ways or the steps undertaken by the parties HRD department and F & B department in conducting the performance appraisal process with methods that are closed and where the employees will not know if the assessment process ongoing performance. And some way to maintain employee performance among other things: provide some kinds of awards such as: rewards, money / bonuses, salary increases, promotions, etc. as well as some ways to improve employee performance which are lacking in standards of performance appraisal criteria include: providing training and training every day to the employees of the hotel JW Marriot Surabaya. From each these problems require special handling or attention to run an organization or company. Therefore, if there is something missing precisely related to employee performance problems it is necessary to attempt to anticipate them in order to avoid a problem that more is not expected again, so that made efforts to anticipate such a way among others to perform the process performance assessment to provide some kind of awards to employees in JW Marriott Hotel Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK-2 KKB Fis Pw 03 10
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE PERFORMANCE
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Amiharto Kamaludin, 070610560 SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suryani, , S. Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 12 Apr 2011 12:00
Last Modified: 12 Sep 2016 13:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14797
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item