Penerimaan Sistem Online Public Access Catalog(OPAC) di Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B

Yanuar Yunianto, 070810771 (2014) Penerimaan Sistem Online Public Access Catalog(OPAC) di Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-yuniantoya-25463-4.abst-k.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem Online Public Access Catalog (OPAC) merupakan sebuah sistem katalog yang berbantuan dengan komputer dalam bentuk elektronik atau digital yang memudahkan pengguna dalam mengakses dan menelusur informasi berupa bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan secara online dan realtime. Penerapan sistem Online Public Access Catalog (OPAC) dapat memudahkan pengguna dalam menelusur informasi dimana dan kapan saja. Dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM) yang dari DeLone and McLean (2003), penelitian ini bertujuan menggambarkan tentang penerimaan sistem Online Public Access Catalog (OPAC) yang terdapat di Perpustakaan Universitas Airlangga yang mengacu pada model kesuksesan sistem informasi D&M. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Populasi yang diambil terdiri dari pengguna sistem Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan Universitas Airlangga. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, karena jumlah populasinya yang besar dan kerangka sampel yang jelas. Sebanyak 100 responden diteliti melalui kuesioner dengan dasar pengguna atau mahasiswa yang sedang memanfaatkan sistem OPAC di perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan model TAM tentang penerimaan sistem Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan Universitas Airlangga Kampus B diketahui bahwa kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality) dan kualitas pelayanan (Service Quality) memiliki tingkat kepuasan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna (user satisfaction). Begitu juga dengan adanya kepuasan pengguna yang baik berdampak pada intensitas penggunaan (intention to use) yang tinggi yang memberikan manfaat-manfaat bersih (net benefits) bagi pengguna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP.28/13 Yun p
Uncontrolled Keywords: Online Public Access Catalog (OPAC)
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Yanuar Yunianto, 070810771UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDyah Puspitasari, S.Kom.M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 10 Jul 2013 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 06:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15349
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item