PENYAMPAIAN INFORMASI PRIVAT OLEH REMAJA KEPADA SAHABATNYA TENTANG PERILAKU SEKSUAL

TRY WULANDARI, 070710375 (2012) PENYAMPAIAN INFORMASI PRIVAT OLEH REMAJA KEPADA SAHABATNYA TENTANG PERILAKU SEKSUAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-wulandarit-24133-abstract.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-wulandarit-20520-fis.k.15-pFULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya ketegangan dalam diri remaja ketika menyampaikan informasi privat kepada sahabatnya mengenai perilaku seksual. Perilaku seksual merupakan hal yang sangat pribadi bagi remaja dan cenderung disembunyikan karena merupakan hal negatif. Fenomena tersebut kemudian dirumuskan sebagai masalah penelitian yaitu penyampaian informasi privat oleh remaja kepada sahabatnya tentang perilaku seksual. Peneliti menggunakan tinjauan pustaka yang terkait dengan Social Penetration Theory, persahabatan pada remaja, relational dialetics, Communication Privacy Management Theory, dan perilaku seksual remaja sebagai informasi privat. Metodologi yang digunakan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus serta tipe penelitian deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini berupa narasi-narasi kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara mendalam (indepth interview) Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja laki-laki lebih terbuka kepada sahabat laki-laki dalam menyampaikan informasi privat mengenai perilaku seksual karena mempertimbangkan faktor kesamaan jenis elamin dalam membangun batasan privasi, sedangkan remaja perempuan lebih mempertimbangkan tingkat kedekatan hubungan persahabatan yang didasarkan pada seberapa lama hubungan persahabatan telah terjalin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.15/12 Wul p
Uncontrolled Keywords: INFORMATION ; SEXUAL BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
TRY WULANDARI, 070710375UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Moerdijati, Dra. , MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 05 Jul 2012 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 09:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15423
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item