Reception Analysis Remaja Perempuan Tentang Konsep Kecantikan Dalam Iklan Kosmetika (Studi Kasus Remaja Perempuan yang berasal dari Indonesia Timur Pada Iklan Pond‟s �2x Lebih Putih Merona‟ dan Iklan Pantene �Tanda Tangan‟)

MARLYANI PURBAYANTI, 070810019 (2013) Reception Analysis Remaja Perempuan Tentang Konsep Kecantikan Dalam Iklan Kosmetika (Studi Kasus Remaja Perempuan yang berasal dari Indonesia Timur Pada Iklan Pond‟s �2x Lebih Putih Merona‟ dan Iklan Pantene �Tanda Tangan‟). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-purbayanti-24313-7.abstra-.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-purbayanti-24313-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerimaan remaja perempuan dari Indonesia Timur terhadap konsep kecantikan yang ditampilkan dalam iklan kosmetika Pond‟s dan Pantene. Penelitian ini menarik karena masyarakat Indonesia yang berasal dari Indonesia Timur jarang untuk ditampilkan dalam iklan produk kosmetika. Terpaan media iklan yang cukup kuat yang diterima oleh audien di seluruh Indonesia membuat masyarakat Indonesia Timur seakan-akan termarginalisasi dengan konsep kecantikan yang dimunculkan dalam iklan produk kosmetika. Sehingga peneliti memilih iklan produk kosmetika untuk melihat penerimaan remaja perempuan terhadap konsep kecantikan yang ada dalam media. Dengan metode reception analysis Stuart Hall, diharapkan peneliti dapat mengeksplorasi penerimaan konsep kecantikan dalam iklan produk kosmetika melalui proses encoding dan decoding yang dilakukan oleh audien. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep kecantikan yang ditampilkan dalam iklan produk kecantikan bukanlah realitas yang terjadi pada masyarakat dari Indonesia Timur. Selain itu, kecantikan bagi informan adalah keseluruhan paket dan merupakan „gift‟ dari Tuhan dan tidak perlu lagi merubah seperti apa yang telah dikonsensuskan dalam iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.K.03/13 Pur r
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3625-3649 Food. Drugs. Cosmetics
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MARLYANI PURBAYANTI, 070810019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra., M.Comm.Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 08 May 2013 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 10:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item