PENGARUH KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

DIMAS RIZKY AKBAR, 070911061 (2014) PENGARUH KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-akbardimas-34508-7.abstr-k.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
221.gdlhub-gdl-s1-2014-akbardimas-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sumberdaya manusia mempunyai peran sentral dalam menjamin kualitas layanan publik seperti layanan kantor pemerintahan. Upaya untuk mewujukan kualitas layanan publik tersebut menjadikan faktor-faktor seperti kemampuan, motivasi dan tingkat kepuasan pegawai aparatur pemerintahan menjadi sangat penting peranannya. Faktor-faktor tersebut dapat mendorong adanya peningkatan kinerja jika dikelola dan diarahkan dengan baik. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh dari faktor-faktor tersebut pada kinerja pegawai Wilayah Kecamatan di Tambaksari. Penelitian ini mengambil sampel pegawai negeri sipil yang bertugas di lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya. Populasi penelitian adalah pegawai tetap sebanyak 82 orang. Sementara sampel yang diambil menggunakan metode survey sehingga seluruh populasi menjadi sampel. Teknik analisis menggunakan pendekatan statistik parametrik yaitu regresi linier berganda, uji t statistik dan F statistik. Temuan penelitian menunjukkan simpulan bahwa variabel kemampuan dan kepuasan kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja. Sementara pengujian terhadap pengaruh motivasi di dapatkan simpulan bahwa motivasi tidak terbukti signifikan mempengaruhi kinerja pegawai. Besaran koefisien variabel yang diteliti antara lain variabel kemampuan mencapai 1.417, motivasi kerja sebesar 0.12 dan kepuasan kerja sebesar 0,127. Uji F statistik ANOVA menunjukkan F statistik sebesar 165,504 yang memberikan simpulan bahwa model secara keselurahan adalah prediktor yang tepat terahadap kinerja. Uji signifikansi pengaruh dengan t-statistik didapatkan nilai t-statistik untuk variabel kemampuan sebesar 13,433, motivasi 1,79 dan kepuasan kerja sebesar 3,750. Signifikan dari t-statistik menunjukkan hanya pada variabel kemampuan dan kepuasan kerja yang mempunyai p-value dibawah 5%, sedangkan variabel motivasi diatas 5%. Determinasi model dengan ketiga variabel yaitu kemampuan, motiavasi dan kepuasan kerja dalam menjelaskan fenomena perubahan kinerja mencapai nilai 86,4% pada pegawai negeri sipil di lingkungan Kecamatan Tambaksari Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 70/14 Akb p
Uncontrolled Keywords: JOB SATISFACTION; EMPLOYEE MOTIVATION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
DIMAS RIZKY AKBAR, 070911061UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo Putro, Drs. , SUUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 22 Dec 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item