PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT ANGKASA PURA I BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA

Ahmad Bima Yudokusumo, 070810748 (2014) PELAKSANAAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE DI PT ANGKASA PURA I BANDAR UDARA JUANDA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yudokusumo-34516-8.abstr-k.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
222.gdlhub-gdl-s1-2014-yudokusumo-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan good corporate governance bertujuan agar pengelolaan perusahaan berjalan dengan baik tanpa mengabaikan kepentingan pemangku kepentingan. Penilaian good corporate governance selama ini hanya dilakukan pada level korporasi, sedangkan pada unit bisnis sebagai pelaksana nyata di lapangan belum pernah dilakukan penilaian mengenai pelaksanaan good corporate governance. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan good corporate governance yang sudah berjalan di Bandara Internasional Juanda Surabaya sebagai unit bisnis PT. Angkasa Pura I telah relevan secara teoritis. Penelitian ini menggunakan teori good corporate governance dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik penentuan informan secara purposive. Data diperoleh dari observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip good corporate governance telah dipenuhi Bandara Juanda melalui penerapan-penerapan di lingkungan kerja. Dari prinsip-prinsip yang dijalankan ada tiga prinsip yang menonjol yaitu akuntabilitas, responsibilitas, dan kesetaraan dan kewajaran. Sedangkan pada prinsip transparansi dan independensi perlu ada peningkatan melalui kepastian peraturan agar pelaksanaan good corporate governance dapat lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. AN. 78/14 Yud p
Uncontrolled Keywords: GOOD CORPORATE GOVERNANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Ahmad Bima Yudokusumo, 070810748UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas S, Drs. .,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Dec 2014 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 08:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item