KOMUNITAS MOTOR CB HOT (Studi Deskriptif di Kota Surabaya – Jawa Timur)

Mendung Dendy Priambodo, 070917010 (2014) KOMUNITAS MOTOR CB HOT (Studi Deskriptif di Kota Surabaya – Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-priambodom-34539-6.abstr-k.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-priambodom-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sekumpulan orang yang mempunyai hobi modifikasi motor CB dinaungi oleh sebuah komunitas motor CB Hot di Surabaya. Di jaman sekarang, telah banyak produksi motor baru tetapi komunitas penggemar motor lama ini masih tetap ada. Penelitian ini membahas mengenai komunitas motor CB Hot di Surabaya adalah upaya mempertahankan keberadaan komunitas tersebut. Dengan tujuan untuk mengetahui upaya mempertahankan keberadaannya. Diharapkan penelitian ini juga bermanfaat bagi pembaca sebagai bahan rujukan untuk mengetahui upaya mempertahankan keberadaan komunitas motor CB Hot di Surabaya. Dalam penelitian ini, menggunakan teori Strategi Adaptasi yang menjelaskan upaya dalam mempertahankan keberadaan komunitas. Adapun teori dari Barth, Fredrik yang menjelaskan bahwa suatu komunitas dapat berkembang dan bertahan, mempunyai nilai budaya sama, dan ciri yang berbeda dan dapat diterima oleh masyarakat dan kelompok lain. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini dengan studi etnografi yang dilakukan dengan wawancara pada pengurus dan anggota komunitas motor CB Hot di Surabaya dan dokumentasi kegiatan yang dilakukannya. Hasil analisisnya menunjukkan bahwa upaya mempertahankan komunitas CB Hot adalah adanya komunikasi dan interaksi dengan mengadakan kegiatan perkumpulan dan touring ke daerah lain. Dapat disimpulkan bahwa komunitas motor CB Hot Surabaya adalah seringnya berinteraksi melalui perkumpulan dan kegiatan touring dapat mempertahankan keberadaan komunitas CB Hot di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS. ANT. 35/14 Pri k
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION; COMMUNITIES
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > Including race as a social group and race relations in general
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Mendung Dendy Priambodo, 070917010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 24 Dec 2014 12:00
Last Modified: 06 Sep 2016 10:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item